PERAN PRODUKSI KONTEN INFORMASI KOPERASI DESA/KELURAHAN MERAH PUTIH UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS PADA INSTAGRAM @kemenkop

Muhammad Fariz, Sulthan (2025) PERAN PRODUKSI KONTEN INFORMASI KOPERASI DESA/KELURAHAN MERAH PUTIH UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS PADA INSTAGRAM @kemenkop. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERAN PRODUKSI KONTEN INFORMASI KOPERASI  DESA/KELURAHAN MERAH PUTIH UNTUK MENINGKATKAN  AWARENESS PADA INSTAGRAM @kemenkop] Text (PERAN PRODUKSI KONTEN INFORMASI KOPERASI DESA/KELURAHAN MERAH PUTIH UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS PADA INSTAGRAM @kemenkop)
Laporan Tugas Akhir_Sulthan Muhammad Fariz_2270404110_Periklanan_Final 2Rev (1)_removed (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (592kB)

Abstract

This final project is based on the importance of digital content production to
promote the Village/Urban Village Cooperative Program (Koperasi
Desa/Kelurahan Merah Putih) through the Instagram account @kemenkop. The
objective is to explore how to package program information that is still in its
socialization phase into engaging and accessible content for social media
audiences. The method used includes direct interviews with resource persons from
the Ministry of Cooperatives and literature studies through social media comment
analysis. The discussion focuses on the production process of various content
types—photo reports, infographics, video documentation, and animation (Ensikop)
guided by the AISAS digital communication model. The results show that using
visual and narrative strategies tailored to Instagram users’ behavior can effectively
increase awareness of the cooperative program.
Keyword: Content Production, Social Media, Cooperative, Instagram, AISAS,

Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih
Laporan tugas akhir ini dilatarbelakangi oleh pentingnya produksi konten digital
untuk menyosialisasikan program Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih melalui
Instagram @kemenkop. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dan
menjelaskan cara mengemas informasi program yang masih dalam tahap sosialisasi
agar menarik dan mudah dipahami oleh audiens media sosial. Metode yang
digunakan dalam laporan ini adalah wawancara langsung dengan narasumber dari
Kementerian Koperasi serta studi pustaka melalui analisis komentar media sosial.
Pembahasan difokuskan pada proses produksi konten yang terdiri dari berita foto,
infografis, video dokumentasi, dan animasi (Ensikop), dengan mengacu pada
pendekatan komunikasi digital AISAS. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan
strategi konten visual dan naratif yang sesuai dengan karakteristik pengguna
Instagram dapat meningkatkan awareness terhadap program koperasi.
.
Kata Kunci: Produksi Konten, Media Sosial, Koperasi, Instagram, AISAS,
Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dr. Tipri Rose Kartika, SE., MM ; 2. Freddy Yakob,M.I.Kom.
Uncontrolled Keywords: Keyword: Content Production, Social Media, Cooperative, Instagram, AISAS, Koperasi Desa/Kelurahan Merah Putih
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Depositing User: Su;than Muhammad Fariz
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:29
Last Modified: 27 Aug 2025 02:29
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3167

Actions (login required)

View Item
View Item