PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL TAMAN MARGASATWA RAGUNAN

RASHELKA, RASHKAL RAYHAN (2024) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL TAMAN MARGASATWA RAGUNAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL TAMAN MARGASATWA RAGUNAN] Text (PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL TAMAN MARGASATWA RAGUNAN)
TA2024_E_23_RASHKAL RAYHAN RASHELKA_laporan (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Ragunan Zoo, one of the oldest zoos in Indonesia, plays an important role as a
conservation center and educates the public about flora and fauna conservation.
Unfortunately, the current logo of Taman Margasatwa Ragunan does not fulfill the
scalability aspect, thus negatively impacting its image and existence. The lack of
flexibility and efficiency in digital and print promotional media can affect the way
visitors perceive the park. The logo as part of the visual identity is very important
to support the role and brand image of Taman Margasatwa Ragunan that is strong
and effective in the eyes of the public. Therefore, a visual identity redesign is needed
to create a measurable identity to improve the image of Ragunan Wildlife Park in
the form of a redesign, along with graphic standard guidelines. The method used in
this design is gestalt theory, namely continuity, which is supported by the
methodology of observation, interviews, and literature studies. The logo design and
Graphic Standard Manual have created a measurable identity to improve the image
of maintaining existence, and attracting the attention of visitors to Ragunan Zoo.

Taman Margasatwa Ragunan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia
berperan penting sebagai pusat konservasi dan edukasi masyarakat mengenai
pelestarian flora dan fauna. Sayangnya logo Taman Margasatwa Ragunan saat ini
belum memenuhi aspek skalabilitas, sehingga berdampak negatif pada citra serta
eksistensinya. Kurangnya fleksibilitas dan efisiensi dalam media promosi digital
dan cetak dapat mempengaruhi perspektif pengunjung terhadap Taman
Margasatwa. Logo sebagai bagian dari identitas visual sangat penting untuk
mendukung peran serta citra Taman Margasatwa Ragunan yang kuat dan efektif di
mata masyarakat. Oleh karena itu, perancangan ulang identitas visual diperlukan
untuk menciptakan identitas yang skalabel guna meningkatkan citra Taman
Margasatwa Ragunan dalam bentuk redesign lengkap dengan Graphic Standar
Manual. Metode yang diterapkan dalam perancangan ini adalah teori gestalt yaitu
continuity, didukung oleh metodologi observasi, wawancara, dan studi pustaka.
Perancangan logo dan Graphic Standard Manual telah menciptakan identitas yang
skalabel guna meningkatkan citra mempertahankan eksistensi, dan menarik
perhatian pengunjung Taman Margasatwa Ragunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Lani Siti Noor Aisyah, S.Ds. ; 2.Muhammad Ridwan Ario Bimo, M.Sn.
Uncontrolled Keywords: Ragunan, Visual Identity, logo,Ragunan, Identitas Visual, logo.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 28 Feb 2025 07:14
Last Modified: 28 Feb 2025 07:14
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item
View Item