PENERAPAN PENDEKATAN CINEMATIC REALISM PADA PEMBUATAN FILM PENDEK "BENANG MERAH"

Putra Purba Setya, Galuh (2025) PENERAPAN PENDEKATAN CINEMATIC REALISM PADA PEMBUATAN FILM PENDEK "BENANG MERAH". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PENERAPAN PENDEKATAN CINEMATIC REALISM PADA PEMBUATAN FILM PENDEK "BENANG MERAH"] Text (PENERAPAN PENDEKATAN CINEMATIC REALISM PADA PEMBUATAN FILM PENDEK "BENANG MERAH")
preliminary repository-1-12_galuh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (566kB)

Abstract

Benang Merah is a short film created as a final project using a cinematic
realism approach in its direction. This approach presents reality honestly and subtly
through domestic space, personal objects, and minimal gestures. The film tells the
story of Hadi, a man who loses his wife and child during childbirth and tries to
finish a baby garment left by his wife. This study explores how cinematic realism
can build emotional atmosphere without relying on heavy dramatization. The
method used is qualitative-descriptive through artistic practice, visual exploration,
and directorial reflection. The result shows that cinematic realism effectively
creates emotional intimacy through visuals, sound treatment that supports the
character’s emotions, and a restrained narrative rhythm.
Benang Merah adalah film pendek tugas akhir yang menggunakan
pendekatan cinematic realism dalam penyutradaraan. Pendekatan ini menampilkan
realitas secara jujur dan subtil melalui ruang domestik, objek personal, dan gestur
minim. Film ini mengisahkan Hadi, seorang pria yang kehilangan istri dan anaknya
dalam proses persalinan, lalu berusaha menyelesaikan jahitan baju bayi
peninggalan istrinya. Penelitian ini bertujuan menggali penerapan cinematic
realism dalam membangun atmosfer emosional tanpa dramatik berlebihan. Metode
yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif berbasis praktik artistik, melalui
eksplorasi visual dan refleksi penyutradaraan. Hasilnya menunjukkan bahwa
cinematic realism efektif menghadirkan kedekatan emosional lewat visual,
pengolahan suara yang mendukung emosi tokoh, serta ritme narasi yang natural.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Aan Nursyam, M.Sn, sebagai Pembimbing I 2. Sjamsul Ma'arif, M.Sn, sebagai Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: short film, directing, cinematic realism, domestic space, visual style film pendek, penyutradaraan, cinematic realism, ruang domestik, gaya visual
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 770 Seni fotografi, komputer, dan sinematografi
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 777 Sinematografi dan videografi
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Produksi Film dan TV
Depositing User: Galuh Putra Purba Setya
Date Deposited: 04 Sep 2025 04:38
Last Modified: 04 Sep 2025 04:38
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3232

Actions (login required)

View Item
View Item