Putri Nugraha, Almayra (2025) Perancangan Desain Visual Buku Anak "Petualangan Rendy: Tiga Kata yang Mengubah Segalanya". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Tes Pengisian Repository [thumbnail of Tes Pengisian Repository]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR ALMAYRA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (798kB)
Abstract
This final project report discusses the visual design process of a children’s book titled “Rendy’s Adventure: Three Words That Change Everything.” Targeted at children aged 7–8, the book aims to convey moral values through three essential words: please, sorry, and thank you. The visual design supports children’s understanding of the narrative and values, while also offering an interactive and enjoyable reading experience. The process includes planning, concept development, sketching, digital illustration using Ibis Paint, and revisions based on questionnaires and observations. The layout was arranged using Canva, ensuring harmony between illustrations and text. The results highlight the importance of child-friendly and communicative visuals in enhancing storytelling and character development. This project serves as a valuable reference for creating engaging and educational children’s books that foster empathy and emotional intelligence from an early age.
Laporan tugas akhir ini membahas proses perancangan visual buku cerita anak berjudul "Petualangan Rendy: Tiga Kata yang Mengubah Segalanya". Buku ini ditujukan bagi anak usia 7–8 tahun dengan mengusung nilai moral melalui tiga kata penting: tolong, maaf, dan terima kasih. Perancangan visual dilakukan untuk mendukung pemahaman anak terhadap cerita dan nilai-nilai yang disampaikan, serta memberikan pengalaman membaca yang interaktif dan menyenangkan. Proses yang dilakukan meliputi perencanaan, pengembangan konsep, sketsa, pembuatan ilustrasi digital menggunakan Ibis Paint, serta pengujian dan revisi berdasarkan hasil kuesioner dan observasi. Tata letak buku dirancang menggunakan Canva dengan memperhatikan kesesuaian antara ilustrasi dan teks. Hasil dari perancangan ini menunjukkan pentingnya penyelarasan visual yang komunikatif dan ramah anak dalam mendukung pesan cerita dan perkembangan karakter anak. Karya ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan buku anak edukatif yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Gun Gun Waldi Gumilar M.M, sebagai Dosen pembimbing 1 2. Anggun Gunawan M.A, sebagai Dosen pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: children's book, digital illustration, visual design, moral values, interactive, age 7–8, please sorry thank you Kata Kunci: buku anak, ilustrasi digital, desain visual, nilai moral, interaktif, usia 7–8 tahun, tolong maaf terima kasih |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 080 Kumpulan karya umum > 080 Kumpulan karya umum 700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan |
Depositing User: | Almayra Putri Nugraha |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 07:23 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 07:23 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3239 |