Haramaini, Salsabil (2025) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PROBLEM WRINKLE UNTUK MENGURANGI CUSTOMER COMPLAINT KEMASAN SKINCARE DENGAN PENDEKATAN STATISTIC QUALITY CONTROL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PROBLEM WRINKLE UNTUK MENGURANGI CUSTOMER COMPLAINT KEMASAN SKINCARE DENGAN PENDEKATAN STATISTIC QUALITY CONTROL (SQC). [thumbnail of ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PROBLEM WRINKLE UNTUK MENGURANGI CUSTOMER COMPLAINT KEMASAN SKINCARE DENGAN PENDEKATAN STATISTIC QUALITY CONTROL (SQC).]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SALSA_REPOSITORY_FINAL[1] 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (8MB)
Abstract
Keberhasilan perusahaan dalam industri kemasan fleksibel sangat tergantung pada mutu produk. Kualitas yang baik memungkinkan perusahaan bersaing dan meningkatkan penjualannya. Permasalahan wrinkle merupakan jenis cacat yang sering menimbulkan keluhan pelanggan dan berdampak pada penurunan mutu produk serta kepuasan konsumen. Metode SQC diaplikasikan melalui tahapan pengumpulan data komplain, pembuatan lembar pemeriksaan, analisis peta kendali, diagram pareto, serta diagram sebab-akibat untuk mengidentifikasi faktor utama penyebab terjadinya wrinkle. Hasil analisis peta kendali menunjukkan bahwa proses produksi masih mengalami penyimpangan dengan beberapa titik di luar batas kendali, menandakan adanya variasi yang disebabkan oleh faktor khusus. Berdasarkan diagram Pareto, problem wrinkle merupakan komplain dominan yang perlu menjadi prioritas perbaikan. Analisis lebih lanjut dengan diagram sebab-akibat mengidentifikasi faktor manusia, mesin, dan metode sebagai penyebab utama terjadinya cacat wrinkle. Rekomendasi perbaikan diberikan untuk menekan jumlah komplain dan meningkatkan kualitas produk secara berkelanjutan.
Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, Statistic Quality Control, Wrinkle
ABSTRACT
The success of companies in the flexible packaging industry is highly dependent on product quality. Good quality enables companies to compete and increase their sales. Wrinkles are a type of defect that often causes customer complaints and has an impact on product quality and consumer satisfaction. The SQC method was applied through the following stages: collecting complaint data, creating inspection sheets, analyzing control charts, Pareto diagrams, and cause-and-effect diagrams to identify the main factors causing wrinkles. The control chart analysis results showed that the production process still had deviations with several points outside the control limits, indicating variation caused by special factors. Pareto diagram, the wrinkle problem is the dominant complaint that needs to be prioritized for improvement. Further analysis using the cause-and-effect diagram identified human factors, machinery, and methods as the primary causes of wrinkle defects. Improvement recommendations were provided to reduce the number of complaints and enhance product quality sustainably.
Keywords : Quality Control, Statistic Quality Control, Wrinkle
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Mochamad Yunus Fitriady, S.E., M.M, sebagai dosen pembimbing I 2. Septia Ardiani, sebagai dosen pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian Kualitas, Statistic Quality Control, Wrinkle Quality Control, Statistic Quality Control, Wrinkle |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 679 Produk lain dari jenis bahan tertentu 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 688 Produksi produk final dan pengemasan |
Divisions: | Jurusan Teknik Industri > Program Studi Teknik Kemasan |
Depositing User: | Salsabil Nazhira Haramaini |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:03 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:03 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3277 |