KARTIKA BUNGA, BUNGA (2020) PERANCANGAN KAMPANYE #MELAWANTANTANGAN SUZUKI APV TAHUN 2020. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN KAMPANYE #MELAWANTANTANGAN SUZUKI APV TAHUN 2020 [thumbnail of PERANCANGAN KAMPANYE #MELAWANTANTANGAN SUZUKI APV TAHUN 2020]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TKA Suzuki APV 2020-1-16.pdf
Download (440kB)
Abstract
Suzuki APV is a van or minibus that first appeared in Indonesia in 2004. Suzuki
Indonesia explained that the name APV itself refers to the acronym All Purpose
Vehicle which can be interpreted as a "multipurpose vehicle" this name was made in
accordance with the main purpose is to mobilization of both humans and goods, so it
is not surprising if the shape is messy. This boxing form itself provides a major
advantage in terms of cabin space that is very broad for the car in its class.
In this Final Project, the author uses a descriptive method with secondary data
collection techniques. This is done to find out the promotional activities that have been
carried out, complete the data, see the situation in the Covid 19 era. The author uses
the elements of AISAS in the campaign with #Melawantantangan conducted 4 months
from September to December which are effective in 2020, including: advertising,
direct marketing, digital marketing, public relations, and word of mouth (Key Opinion
Leader) by raising theme #Melawantantangan aimed at informing and inviting the
public to be more aware of the Suzuki APV product.
Suzuki APV merupakan mobil jenis van atau minibus yang muncul pertama kali di
Indonesia pada tahun 2004. Pihak Suzuki Indonesia menjelaskan bahwa nama APV
sendiri merujuk pada akronim All Purpose Vehicle yang dapat diartikan sebagai
“kendaraan serba guna” nama ini dibuat sesuai dengan tujuan utama adalah untuk
mobilisasi baik manusia maupun barang, sehingga tak mengherankan jikalau
bentuknya mengotak. Bentuk mengotak ini sendiri memberikan sebuah kelebihan
utama di dalam hal ruang kabinnya yang sangat luas untuk mobil dikelasnya.
Dalam Tugas Karya Akhir ini, penulis menggunakan metode deskriptif dengan teknik
pengumpulan data secara sekunder. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kegiatan
promosi yang telah dilakukan, melengkapi data, melihat situasi di masa Covid 19.
Penulis menggunakan unsur-unsur AISAS pada kampanye dengan #Melawantantangan
yang dilakukan 4 bulan dari September – Desember yang efektif pada tahun 2020,
antara lain: periklanan, pemasaran langsung, pemasaran digital, hubungan masyarakat,
dan word of mouth (Key Opinion Leader) dengan mengangkat tema
#Melawantantangan yang bertujuan memberi informasi dan mengundang masyarakat
untuk lebih sadar akan produk Suzuki APV
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Sudrajat, selaku pembimbing 1 Maya Puspita Dewi M.M selaku pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Campaign, Integrated Marketing Communication, Automotive, #Melawantantangan, Suzuki APV 2020 Kata Kunci: Kampanye, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Otomotif, #Melawantantangan, Suzuki APV 2020 |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 03:39 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 03:39 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3289 |