PERANCANGAN KAMPANYE “RENCANAKAN LIBURANMU BERSAMA TIKET.COM SEMUA AMAN, NYAMAN, TERJANGKAU DAN SEMUA ADA TIKETNYA” TIKET.COM TAHUN 2020

ROHAYATI, ROHAYATI (2020) PERANCANGAN KAMPANYE “RENCANAKAN LIBURANMU BERSAMA TIKET.COM SEMUA AMAN, NYAMAN, TERJANGKAU DAN SEMUA ADA TIKETNYA” TIKET.COM TAHUN 2020. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN KAMPANYE “RENCANAKAN LIBURANMU BERSAMA TIKET.COM SEMUA AMAN, NYAMAN, TERJANGKAU DAN SEMUA ADA TIKETNYA” TIKET.COM TAHUN 2020] Text (PERANCANGAN KAMPANYE “RENCANAKAN LIBURANMU BERSAMA TIKET.COM SEMUA AMAN, NYAMAN, TERJANGKAU DAN SEMUA ADA TIKETNYA” TIKET.COM TAHUN 2020)
Tugas Akhir Rohayati-1-16.pdf

Download (1MB)

Abstract

Daily activities will provide saturation and fatigue for the body, therefore taking a
vacation and doing outside activities is a necessity. Going on vacation to spend
time and enjoying a different atmosphere than usual will refresh your body and
mind. So it's no wonder that holidays are a necessity today, but in early 2020 the
COVID-19 pandemic appeared, almost all countries felt the COVID-19 pandemic,
including Indonesia. As a result of the COVID-19 pandemic, the economy in
Indonesia has declined. The COVID-19 pandemic is affecting many sectors of the
economy, including Online Travel Agent (OTA) service providers which
experienced a decline in sales. Tiket.com noted that sales of international travel
products decreased by 52% during January and February. Tiket.com has to cut
marketing and commercial costs by 90% to survive the Covid-19 pandemic. In this
final project, the author focuses on Tiket.com products during the new normal
period. Therefore, the authors are interested in designing Tiket.com's campaign
with the theme "Plan Your Vacation with Tiket.com. Everything is safe,
comfortable, affordable and everything has a ticket". The method used by AISAS is
by using Advertising, Public Relations, Sales Promotion and Direct Marketing
Strategies. This campaign aims to invite the public to make holiday plans on social
media through the Tiket.com program during the new normal period in order to
increase Tiket.com brand preference.
Rutinitas setiap hari akan memberi kejenuhan dan kelelahan bagi tubuh, oleh karena
itu berlibur dan melakukan aktivitas diluar menjadi sebuah kebutuhan. Berlibur
menghabiskan waktu dan menikmati suasana yang berbeda dari biasanya akan
membuat refresh tubuh dan pikiran. Maka tak heran liburan menjadi kebutuhan
pada zaman sekarang, namun awal tahun 2020 muncul pandemic COVID-19
hampir di seluruh negara merasakan pandemic COVID-19 termasuk Indonesia.
Akibat pandemic COVID-19 membuat perekonomian di Indonesia menjadi
menurun. Pandemi COVID-19 memengaruhi banyak sektor ekonomi, termasuk
penyedia layanan Online Travel Agent (OTA) yang mengalami penurunan
penjualan. Tiket.com mencatat, penjualan produk perjalanan internasional menurun
hingga 52% selama Januari dan Februari. Tiket.com harus memangkas biaya
pemasaran dan komersial sebesar 90% untuk tetap bertahan ditengah pandemic
Covid-19. Pada Tugas Akhir ini penulis fokus kepada produk Tiket.com selama
masa new normal. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk merancang kampanye
Tiket.com dengan tema “Rencanakan Liburanmu Bersama Tiket.com Semua aman,
nyaman, terjangkau dan semua ada tiketnya”. Metode yang digunakan AISAS
dengan menggunakan Strategi Advertising, Public Relation, Sales Promotion dan
Direct Marketing. Kampanye ini bertujuan untuk mengajak masyarakat membuat
rencana liburan di social media melauli program Tiket.com selama masa new
normal agar meningkatkan preferensi merek dari Tiket.com.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Roihatul Millah, M.Pd, Drs. Hilwan Arif
Uncontrolled Keywords: Keywords: Campaign, Plan, Holiday, online travel agent, Tiket.com Kata kunci : Kampanye, Rencana, Liburan, Tiket.com, Online Travel Agent
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:45
Last Modified: 17 Sep 2025 02:45
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3300

Actions (login required)

View Item
View Item