Yusroh Arini, Ismi (2025) Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Hotel Terhadap Loyalitas Pelanggan Vertu Hotel Harmoni Jakarta The Effect of Hotel Facility Completeness on Customer Loyalty at Vertu Hotel Harmoni Jakarta. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.
![Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Hotel Terhadap Loyalitas Pelanggan Vertu Hotel Harmoni Jakarta [thumbnail of Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Hotel Terhadap Loyalitas Pelanggan Vertu Hotel Harmoni Jakarta]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Preliminary Skripsi Ismi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas terhadap loyalitas pelanggan di Hotel Vertu Harmoni Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis asosiatif dan uji korelasi Spearman terhadap data dari 250 responden. Hasil menunjukkan bahwa persepsi pelanggan terhadap fasilitas tergolong sangat kuat (mean = 4,43), begitu pula loyalitas pelanggan (mean = 4,46). Uji korelasi menghasilkan nilai koefisien 0,436 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,01), menandakan adanya hubungan positif dan signifikan antara kelengkapan fasilitas dan loyalitas pelanggan. Temuan ini menunjukkan bahwa fasilitas yang lengkap dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bermanfaat bagi manajemen hotel sebagai dasar peningkatan fasilitas dan memperkaya kajian akademik mengenai loyalitas pelanggan di industri perhotelan, khususnya hotel bintang empat di Jakarta.
Kata kunci: kelengkapan fasilitas, loyalitas pelanggan, industri perhotelan, Hotel Vertu Harmoni.
This study aims to determine the effect of facility completeness on customer loyalty at Hotel Vertu Harmoni Jakarta. The study used a quantitative approach with analysis associative and Spearman correlation test on data from 250 respondents. The results show that customer perceptions of facilities are classified as very strong (mean = 4.43), as well as customer loyalty (mean = 4.46). The correlation test yielded a coefficient value of 0.436 with a significance of 0.000 (p < 0.01), indicating a positive and significant relationship between facility completeness and customer loyalty. This finding suggests that complete facilities can increase customer loyalty. This research is useful for hotel management as a basis for improving facilities and enriching academic studies on customer loyalty in the hotel industry, especially four-star hotels in Jakarta.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dimas Bayu Pinandoyo, S.Si., M.Sc sebagai dosen pembimbing 1 2. Antinah Latif, S.Kp.G., M.KM sebagai dosen pembimbing 2 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: facility completeness, customer loyalty, hospitality industry, Hotel Vertu Harmoni. Kata kunci: kelengkapan fasilitas, loyalitas pelanggan, industri perhotelan, Hotel Vertu Harmoni. |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 640 Manajemen rumah dan keluarga > 647 Manajemen rumah tangga publik (rumah tangga kelembagaan) 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
Depositing User: | Ismi Yusroh Arini |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 01:54 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 01:54 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3312 |