Perancangan Brand Guidelines untuk Mempertahankan Brand Image pada Kisel Group

Rahman, Auriel (2025) Perancangan Brand Guidelines untuk Mempertahankan Brand Image pada Kisel Group. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Brand Guidelines untuk Mempertahankan Brand Image pada Kisel Group] Text (Perancangan Brand Guidelines untuk Mempertahankan Brand Image pada Kisel Group)
REPOSITORY - AURIEL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

This research aims to design brand guidelines as an effort to maintain Kisel Group's brand image. Based on observations and interviews with the Corporate Communication team, it was found that the absence of official visual guidelines caused discrepancies in the use of visual identity elements such as logos, colors, and typography. This has an impact on the inconsistency of the company's image in various communication media.The design process was carried out using the Design Thinking approach which includes five stages: empathize, define, ideate, prototype, and test. The result of this design is a brand guidelines document that contains the arrangement of visual elements such as logo usage, color palette, typography, tone of voice, and application examples. Evaluation was conducted through the sweet spot method (desirability, feasibility, and viability) and validation by graphic design practitioners as expert judges.The evaluation results show that the designed brand guidelines are able to represent the image of Kisel Group as a professional, modern, and innovative cooperative. This guideline is expected to be an effective visual reference in supporting the company's communication to various parties.

Keywords: Brand Guidelines, Brand Image, Design Thinking, Visual Identity,
Kisel Group

Penelitian ini bertujuan untuk merancang brand guidelines sebagai upaya mempertahankan brand image Kisel Group. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan tim Corporate Communication, ditemukan bahwa belum adanya pedoman visual resmi menyebabkan ketidaksesuaian dalam penggunaan elemen identitas visual seperti logo, warna, dan tipografi. Hal ini berdampak pada inkonsistensi citra perusahaan di berbagai media komunikasi. Proses perancangan dilakukan menggunakan pendekatan Design Thinking yang meliputi lima tahapan:
emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil dari perancangan ini adalah dokumen brand guidelines yang berisi pengaturan elemen-elemen visual seperti penggunaan logo, palet warna, tipografi, tone of voice, dan contoh aplikasinya. Evaluasi dilakukan melalui metode sweet spot (desirability, feasibility, dan viability) serta validasi oleh praktisi desain grafis sebagai expert judge. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa brand guidelines yang dirancang mampu merepresentasikan citra Kisel Group sebagai koperasi yang profesional, modern, dan inovatif. Panduan ini diharapkan dapat menjadi acuan visual yang efektif dalam mendukung komunikasi perusahaan ke berbagai pihak.

Kata kunci: Brand Guidelines, Brand Image, Design Thinking, Identitas Visual,
Kisel Group

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Zaenab, S.S., M.Si., sebagai dosen pembimbing 1; 2. Khoirun Nisa', S.PD., M.Si., sebagai dosen pembimbing 2/
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Brand Guidelines, Brand Image, Design Thinking, Identitas Visual, Kisel Group Keywords: Brand Guidelines, Brand Image, Design Thinking, Visual Identity, Kisel Group
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Auriel Khansa Rahman
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:55
Last Modified: 22 Sep 2025 04:55
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3326

Actions (login required)

View Item
View Item