Abiyasa, Raesya (2025) Proses Pembuatan Konten Carousel Cormega Pada Media Sosial TikTok @mensa_healthcare Untuk Memperbaiki Brand Preference. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![Proses Pembuatan Konten Carousel Cormega Pada Media Sosial TikTok @mensa_healthcare Untuk Memperbaiki Brand Preference [thumbnail of Proses Pembuatan Konten Carousel Cormega Pada Media Sosial TikTok @mensa_healthcare Untuk Memperbaiki Brand Preference]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TA _ RAESYA AFIFAH ABIYASA_Repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (384kB)
Abstract
Cormega is one of the brands owned by PT Pertiwi Agung (Landson) who uses
the TikTok account @mensa_healthcare as a place to market. Motivated by
industry practice activities as a Content Creator at Landson, in this final project,
the author aims to explain The Process of Creating Cormega Carousel Content on
TikTok Social Media @mensa_healthcare to Increase Brand References. The
author uses a descriptive qualitative approach with participatory observation,
interviews, and documentation. Content creation is done in three stages: preproduction (planning), production (execution of visual design), and postproduction (performance analysis). First, in Pre-production, it is carried out with
an initial brief, STP analysis, and SWOT analysis. Second, production is carried
out by creating a content plan, creating visual content, writing captions, and
uploading content to a TikTok account. Third, in Post-production, the preparation
of monthly report materials and AISAS analysis are carried out. Cormega's
positive response shows that the carousel content that has been produced can
improve the brand's visual to a consistent and professional design. Despite the
challenges of creativity and design optimization, Cormega's brand visuals have
been significantly improved through a systematic content strategy.
Keywords: Content Creator, Content Carousel, Cormega, Brand Preference,
TikTok
Cormega merupakan salah satu brand milik PT Pertiwi Agung (Landson) yang
memanfaatkan akun TikTok @mensa_healthcare sebagai tempat pemasaran.
Dilatarbelakangi kegiatan praktik industri sebagai Content Creator di Landson,
dalam tugas akhir ini, penulis bertujuan untuk menjelaskan proses pembuatan
konten carousel Cormega di TikTok @mensa_healthcare untuk meningkatkan
brand preference. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Pembuatan konten dilakukan
dengan tiga tahap: praproduksi (perencanaan), produksi (eksekusi desain visual),
dan pascaproduksi (analisis kinerja). Pertama, pada Praproduksi dilakukan dengan
brief awal, analisis STP, dan analisis SWOT. Kedua, pada Produksi dilakukan
dengan pembuatan content plan, pembuatan konten visual, menulis caption, dan
mengunggah konten ke akun TikTok. Ketiga, pada Pascaproduksi dilakukan
penyusunan bahan monthly report dan analisis AISAS. Tanggapan positif pihak
Cormega menunjukkan bahwa konten carousel yang telah dihasilkan dapat
meningkatkan brand preference menjadi desain yang konsisten dan profesional.
Meskipun dihadapkan pada tantangan kreativitas dan optimalisasi desain, brand
preference Cormega berhasil diperbaiki secara signifikan melalui strategi konten
yang sistematis.
Kata Kunci: Content Creator, Konten Carousel, Cormega, Brand Preference,
TikTok
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Suratni, S.S., M.Hum. ; 2. Sartika Ekadyasa, M.I.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Content Creator, Content Carousel, Cormega, Brand Preference, TikTok, Content Creator, Konten Carousel, Cormega, Brand Preference, TikTok |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Raesya Afifah Abiyasa |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 05:02 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 05:02 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3335 |