PERENCANAAN HOMELESS MEDIA PADA CAMPAIGN ‘GRAND OPENING STORE’ RITEL X UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS TAHUN 2025

Puspita Sari, Dian (2025) PERENCANAAN HOMELESS MEDIA PADA CAMPAIGN ‘GRAND OPENING STORE’ RITEL X UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS TAHUN 2025. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERENCANAAN HOMELESS MEDIA PADA CAMPAIGN ‘GRAND OPENING STORE’ RITEL X UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS TAHUN 2025] Text (PERENCANAAN HOMELESS MEDIA PADA CAMPAIGN ‘GRAND OPENING STORE’ RITEL X UNTUK MENINGKATKAN AWARENESS TAHUN 2025)
Tugas Akhir - Dian Puspita Sari - Pleriminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

The Retail Industry in Indonesia demonstrates its excellent capability to meet market demand, and its market value is projected to become very large in the future, driven by consumer preference for shopping for retail goods offline. One Indonesian Retail Brand aims to open 1,000 branch stores across the country and is striving to increase awareness for its campaign, namely the 'Grand Opening Store' campaign. This campaign utilizes social media, particularly Instagram, as its primary platform, along with small business entities within it, specifically Homeless Media. The data collection method employed was observation during an industrial internship as a Key Opinion Leader Specialist at Maxbuzz Agency, supplemented by online data retrieval. The planning results indicate that the role of Homeless Media can contribute to specific and comprehensive awareness exposure for the 'Grand Opening Store' campaign. Furthermore, other planning recommendations were found, enabling Retail X to still achieve its desired awareness targets despite regional limitations in Homeless Media availability.
Keywords: Media Planning, Homeless Media, Grand Opening Store, Campaign Awareness, Instagram.

Industri Ritel di Indonesia menunjukkan kemampuannya untuk memenuhi permintaan pasar di Indonesia dengan sangat baik dan nilai pasarnya akan diproyeksikan menjadi sangat besar di masa mendatang, nilai ini didorong oleh preferensi konsumen yang lebih menyukai berbelanja barang ritel secara offline. Salah satu Merek Ritel Indonesia mempunyai tujuan untuk membuka 1.000 toko cabang di seluruh Indonesia dan sedang berupaya dalam meningkatkan Awareness untuk kampanyenya, yakni kampanye ‘Grand Opening Store’. Kampanye ini memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram, sebagai platform utama dan pelaku usaha kecil di dalamnya, yakni Homeless Media. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi selama kegiatan praktik industri sebagai Key Opinion Leader Specialist di Agensi Maxbuzz, dilengkapi dengan penelusuran data online. Hasil perencanaan menunjukkan bahwa peran Homeless Media dapat membantu memaparkan Awareness untuk kampanye ‘Grand Opening Store’ secara perhitungan yang spesifik dan komprehensif. Adapun rekomendasi perencanaan lain yang ditemukan, untuk Ritel X tetap bisa mencapai target Awareness yang diinginkan terlepas dari keterbatasan daerah dalam memiliki ketersediaan Homeless Media.
Kata Kunci: Perencanaan Media, Media Tanpa Rumah, Pembukaan Toko Baru, Kesadaran Kampanye, Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rizky Kertanegara, S.S., M.Si., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Seno Pramuadji, sebagai Dosen Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: Media Planning, Homeless Media, Grand Opening Store, Campaign Awareness, Instagram, Perencanaan Media, Media Tanpa Rumah, Pembukaan Toko Baru, Kesadaran Kampanye, Instagram.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 381 Perdagangan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Dian Puspita Sari
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:32
Last Modified: 23 Sep 2025 03:32
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3340

Actions (login required)

View Item
View Item