PERANCANGAN ILUSTRASI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK CLOTHATION

NUR SALSABILA AISYAH, AISYAH (2024) PERANCANGAN ILUSTRASI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK CLOTHATION. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN ILUSTRASI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK CLOTHATION] Text (PERANCANGAN ILUSTRASI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK CLOTHATION)
TA2024_A_03_AISYAH NUR SALSABILA_laporan-1-15.pdf

Download (1MB)

Abstract

CLOTHATION is a company with products that combine clothing and animation.
CLOTHATION, which is a new brand with an innovative concept, has not been
recognised by the public and does not have an art style that can reflect the
company's image. This research aims to design illustrations and create an art style
that reflects the CLOTHATION brand visually and design 2D animation with
augmented reality (AR) technology as a promotional media. Based on the theory
proposed by Gatys et al, art style includes three elements: spatial area, colour and
lighting, and spatial scale. Added by the theory of Villarreal et al, the drawing style
also includes line elements. The research methods used include interviews and
literature studies to determine the illustration art style that can represent brand
visuals, as well as designing AR with marker-based tracking methods. Unique and
consistent illustrations can increase brand recognition, the use of AR in promotions
can create interesting interactions for consumers. The application of illustrations
and animations that match the brand identity, as well as the use of AR as a
promotional medium can increase the attractiveness and dissemination of
information through Instagram.
CLOTHATION adalah perusahaan dengan produk yang menggabungkan antara
pakaian dan animasi. CLOTHATION yang merupakan merek baru dan dengan
konsep yang inovatif, belum dikenal masyarakat dan belum memiliki gaya gambar
yang dapat mencerminkan citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk
merancang ilustrasi dan menciptakan gaya gambar yang mencerminkan merek
CLOTHATION secara visual dan merancang animasi 2D berbasis augmented
reality (AR) sebagai media promosi. Berdasarkan teroi yang dikemukakan oleh
Gatys et al, gaya gambar mencakup tiga elemen yaitu wilayah spasial, warna dan
pencahayaan, dan skala spasial. Ditambahkan oleh teori dari Villarreal et al, gaya
gambar juga mencakup elemen garis. Metode penelitian yang digunakan meliputi
wawancara dan studi pustaka untuk menentukan gaya seni ilustrasi yang dapat
mewakili visual merek, serta merancang AR dengan metode marker-based
tracking. Ilustrasi yang unik dan konsisten dapat meningkatkan pengenalan merek,
penggunaan AR dalam promosi dapat menciptakan interaksi yang menarik bagi
konsumen. Penerapan ilustrasi dan animasi yang sesuai dengan identitas merek,
serta penggunaan AR sebagai media promosi dapat meningkatkan daya tarik dan
penyebaran informasi melalui Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Yuyun Khairunisa, S.Si.M.Kom. Lani Siti Noor Aisyah, M.Ds
Uncontrolled Keywords: Keywords: Illustration, Augmented Reality, Promotion, Art Style. Kata kunci: Ilustrasi, Augmented Reality, Promosi, Gaya Seni.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 11 Feb 2025 08:08
Last Modified: 11 Feb 2025 08:08
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item
View Item