PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL INSTAGRAM KOMUNITAS SELARAS DENGAN BUMI TAHUN 2025

Zahrani, Khalisah (2025) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL INSTAGRAM KOMUNITAS SELARAS DENGAN BUMI TAHUN 2025. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Identitas Visual Instagram Komunitas Selaras Dengan Bumi Tahun 2025] Text (Perancangan Identitas Visual Instagram Komunitas Selaras Dengan Bumi Tahun 2025)
SIDANG_TUGAS AKHIR_KHALISAH ZAHRANI_2270404056_PERIKLANAN_REPOSITORY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Judul Tugas Akhir : Perancangan Identitas Visual Instagram Komunitas Selaras Dengan Bumi Tahun 2025
Penulis : Khalisah Zahrani
Pembimbing I : Rizky Kertanegara, S.S., M.Si.
Pembimbing II : Ingrid Veronica Kusumawardani , S.S., M.Pd.
Selaras Dengan Bumi Community is local community engaged in the environment and utilizes Instagram as the main media to disseminate information on activities and environmental education. Established for two years, this community does not yet have a consistent visual identity, even though visual identity is important for a brand, product, or organization to be easily recognized by the public. The visual identity includes logo, color, typography, graphic elements, imagery, and layout which are then compiled into a brand guideline as a guide to maintain the consistency of content design in the future. This visual identity design is carried out using a design thinking approach, complemented by STP analysis and the creation of a journey map with the 5A customer path method, to overcome the problem of visual inconsistency in the Selaras Dengan Bumi Community.
Keywords: environmental community, visual identity, design thinking.

Komunitas Selaras Dengan Bumi adalah komunitas lokal yang bergerak di bidang lingkungan dan memanfaatkan Instagram sebagai media utama untuk menyebarkan informasi kegiatan serta edukasi lingkungan. Berdiri selama dua tahun, komunitas ini belum memiliki identitas visual yang konsisten, padahal identitas visual penting agar sebuah brand, produk, atau organisasi mudah dikenali masyarakat. Identitas visual mencakup logo, warna, tipografi, elemen grafis, imagery, dan layout yang kemudian disusun ke dalam brand guideline sebagai panduan untuk menjaga konsistensi desain konten di masa mendatang. Perancangan identitas visual ini dilakukan menggunakan pendekatan design thinking, dilengkapi analisis STP dan pembuatan journey map dengan metode customer path 5A, untuk mengatasi masalah ketidakonsistenan visual pada Komunitas Selaras Dengan Bumi.
Kata kunci: komunitas lingkungan, identitas visual, design thinking.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rizky Kertanegara, S.S., M.Si. 2. Ingrid Veronica Kusumawardani , S.S., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: environmental community, visual identity, design thinkingkomunitas lingkungan, identitas visual, design thinking
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan
Depositing User: Khalisah Zahrani
Date Deposited: 02 Oct 2025 02:06
Last Modified: 02 Oct 2025 02:06
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3427

Actions (login required)

View Item
View Item