Pasha, Rafi (2025) PEMBUATAN ASSET 2D “KHATULISTIWA PROJECT : SESAJEN INCIDENT” MENGGUNAKAN ART STYLE ANIME UNTUK PENGENALAN SESAJEN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN ASSET 2D “KHATULISTIWA PROJECT : SESAJEN INCIDENT” MENGGUNAKAN ART STYLE ANIME UNTUK PENGENALAN SESAJEN [thumbnail of PEMBUATAN ASSET 2D “KHATULISTIWA PROJECT : SESAJEN INCIDENT” MENGGUNAKAN ART STYLE ANIME UNTUK PENGENALAN SESAJEN]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FINAL SKRIPSI YANG INI YA_V4_removed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
The research titled "CREATING 2D ASSETS FOR 'Khatulistiwa Project: Sesajen Incident' USING ANIME ART STYLE TO INTRODUCE SESAJEN" focuses on developing an educational game to raise awareness among tourists about respecting Balinese culture and traditions, particularly regarding sesajen. The game will be created using the anime art style due to its flexibility, which is highly suitable for bullet hell genre games. The game's development during this research will also adopt the Asset Pipeline method, which consists of three stages: preproduction, production, and implementation. The result of this research is an engaging and enjoyable educational game, designed to allow players to have fun while learning about Balinese culture. It can be concluded that this game serves a dual purpose: as entertainment and as an effective educational medium.
Penelitian yang berjudul "PEMBUATAN ASSET 2D “KHATULISTIWA PROJECT : SESAJEN INCIDENT” MENGGUNAKAN ART STYLE ANIME UNTUK PENGENALAN SESAJEN" ini merupakan sebuah game edukasi untuk meningkatkan kesadaran wisatawan dalam menghargai budaya dan adat Bali, khususnya mengenai sesajen. Selama penelitian game akan dibuat dengan art style anime dikarenakan fleksibilitas art style tersebut yang sangat cocok untuk game bergenre bullet hell. Pengembangan game tersebut selama penelitian ini juga akan memakai metode Asset Pipeline, yang terdiri dari tiga tahap: praproduksi, produksi, dan implementasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game edukasi yang menarik dan menyenangkan, agar pemain dapat bersenang-senang sambil belajar tentang budaya Bali. Dapat dikatakan bahwa game ini memiliki tujuan ganda: sebagai hiburan dan sebagai media pendidikan yang efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom., sebagain Dosen Pembimbing I; 2. Muh Sakir. S.Pd., M.T., sebagain Dosen Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Anime, Art style, Asset Pipeline, Budaya Bali, Bullet hell, Sesajen Kata Kunci: Anime, Art style, Asset Pipeline, Budaya Bali, Bullet hell, Sesajen |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Rafi Pasha Ardranto Sirin |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 02:26 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 02:26 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3485 |