PENGEMBANGAN VIDEO GAME ''KHATULISTIWA PROJECT : SESAJEN INCIDENT" PADA PLATFORM DESKTOP UNTUK PENGENALAN BUDAYA BALI

Nuryono, Arief Viernanda (2025) PENGEMBANGAN VIDEO GAME ''KHATULISTIWA PROJECT : SESAJEN INCIDENT" PADA PLATFORM DESKTOP UNTUK PENGENALAN BUDAYA BALI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN VIDEO GAME ''KHATULISTIWA PROJECT : SESAJEN INCIDENT" PADA PLATFORM DESKTOP UNTUK PENGENALAN BUDAYA BALI] Text (PENGEMBANGAN VIDEO GAME ''KHATULISTIWA PROJECT : SESAJEN INCIDENT" PADA PLATFORM DESKTOP UNTUK PENGENALAN BUDAYA BALI)
Preliminary_Arief Viernanda Nuryono_21210010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

This final project focuses on the design and development of an educational video game titled Khatulistiwa Project: Sesajen Incident, which adopts the Bullet Hell genre while incorporating Balinese cultural elements. The background of this work lies in the need for innovative and interactive media to preserve local culture, particularly for younger generations and tourists. The objectives of the project are to design a desktop-based game that introduces Balinese culture in an engaging way, adapt cultural elements into gameplay mechanics, and increase cultural awareness through interactive experiences. The study employs the Game Development Life Cycle (GDLC) framework covering initiation, pre-production, production, testing, release, and post-production stages. Data collection was carried out using user testing through structured questionnaires with a Likert scale, assessing user experience, cultural representation, and educational value. The results show that the game successfully integrates cultural elements into its visual, narrative, and mechanics, receiving more than 95% positive responses in terms of interactivity, representation, and educational impact. These findings conclude that video games can serve not only as entertainment but also as effective tools for cultural preservation and education in the digital era.
Keywords: Balinese culture, Bullet Hell, cultural preservation, educational game, GDLC

Tugas Akhir ini berfokus pada perancangan dan pengembangan video game edukatif berjudul Khatulistiwa Project: Sesajen Incident yang mengusung genre Bullet Hell dengan mengintegrasikan elemen budaya Bali. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kebutuhan akan media kreatif dan interaktif untuk melestarikan budaya lokal, khususnya bagi generasi muda dan wisatawan. Tujuan penelitian adalah merancang game berbasis desktop yang mampu memperkenalkan budaya Bali secara menarik, mengadaptasi elemen budaya ke dalam mekanik permainan tanpa menghilangkan makna, serta meningkatkan kesadaran budaya melalui pengalaman interaktif. Penelitian ini menggunakan kerangka Game Development Life Cycle (GDLC) yang meliputi tahapan inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, rilis, dan pasca-produksi. Pengumpulan data dilakukan melalui user testing dengan kuesioner terstruktur berbasis skala Likert yang menilai aspek pengalaman bermain, representasi budaya, serta nilai edukatif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa permainan berhasil mengintegrasikan budaya Bali ke dalam visual, narasi, dan mekanik permainan, dengan tingkat penerimaan lebih dari 95% pada aspek interaktivitas, representasi budaya, dan edukasi. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa video game dapat berperan ganda sebagai hiburan dan media pelestarian budaya yang efektif di era digital.
Kata kunci: budaya Bali, Bullet Hell, GDLC, gim edukasi, pelestarian budaya

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom., sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Muh. Sakir, S.Pd., M.T., sebagai Dosen Pembimbing II;
Uncontrolled Keywords: budaya Bali, Bullet Hell, GDLC, gim edukasi, pelestarian budaya Balinese culture, Bullet Hell, cultural preservation, educational game, GDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 605 Terbitan berseri tentang teknologi dan ilmu terapan
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Arief Viernanda Nuryono
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:39
Last Modified: 08 Oct 2025 06:39
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3486

Actions (login required)

View Item
View Item