PERANCANGAN GAME 2D NARATIF “TIMUN MAS” DENGAN PENERAPAN DIALOGUE SYSTEM PADA INTERAKSI NON-PLAYABLE CHARACTER

Aulia Rachmat, Safa (2025) PERANCANGAN GAME 2D NARATIF “TIMUN MAS” DENGAN PENERAPAN DIALOGUE SYSTEM PADA INTERAKSI NON-PLAYABLE CHARACTER. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN GAME 2D NARATIF “TIMUN MAS” DENGAN PENERAPAN DIALOGUE SYSTEM PADA INTERAKSI NON-PLAYABLE CHARACTER] Text (PERANCANGAN GAME 2D NARATIF “TIMUN MAS” DENGAN PENERAPAN DIALOGUE SYSTEM PADA INTERAKSI NON-PLAYABLE CHARACTER)
Tugas Akhir 1-13.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (809kB)

Abstract

ABSTRACT
Technology in the digital era is rapidly advancing. One of the technologies showing
the most significant development is games. Games are not only a medium of
entertainment but can also serve as a medium for education and cultural
introduction. They can be used to reintroduce traditional folklore that is gradually
being forgotten by the younger generation. This study aims to design and develop
a 2D narrative game titled Timun Mas: Pilihan dalam Kata, which adapts an
Indonesian folktale by implementing an artificial intelligence (AI)-based dialogue
system in Non-Playable Character (NPC) interactions to enhance creativity and
understanding of the story’s moral values. The development in this research follows
the Game Development Life Cycle (GDLC) method. The results show that Timun
Mas: Pilihan dalam Kata falls into the “highly feasible” category, with a usability
score of 81.6%, indicating that children were satisfied with the game and
understood the storyline of Timun Mas in the game. This application demonstrates
that a 2D narrative game featuring AI-based NPC dialogue systems can serve as
an innovative and educational medium to enhance creativity and comprehension of
Indonesian folklore.

ABSTRAK
Teknologi di era digital kini berkembang semakin pesat. Salah satu teknologi yang
menunjukan perkembangan paling signifikan adalah game. Game tidak hanya
sebagai media hiburan, tetapi dapat digunakan juga sebagai media edukasi dan
pengenalan budaya. Game dapat dijadikan sebagai media untuk mengenalkan
kembali cerita rakyat yang kini mulai terlupakan oleh generasi muda. Penelitian ini
bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game 2D naratif berjudul Timun
Mas: Pilihan dalam Kata, yang mengadaptasi cerita rakyat Indonesia dengan
menerapkan sistem dialog berbasis kecerdasan buatan (AI) pada interaksi Non
Playable Character (NPC) untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman nilai
moral cerita. Pengembangan penelitian ini menggunakan metode GDLC (Game
Development Life Cycle). Hasil penelitian menunjukan bahwa game Timun Mas:
Pilihan dalam Kata ini mendapatkan kategori sangat layak untuk digunakan dengan
skor usability mencapai 81,6%, yang menandakan anak-anak merasa puas dengan
game ini dan memahami alur cerita Timun Mas dalam game. Aplikasi ini
menunjukan bahwa game 2D naratif yang menerapkan sistem dialog pada interaksi
NPC dengan kecerdasan AI, dapat dijadikan sebagai media inovatif dan edukatif
dalam meningkatkan kreativitas dan pemahaman terhadap cerita rakyat Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Hafid Setyo Hadi M.T., sebagai Dosen Pembimbing I 2. Sari Setyaning Tyas M.Ti., sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: 2D game, AI, dialogue system, folktale, NPC, Timun Mas, AI, Cerita Rakyat, Game 2D, NPC, Sistem Dialog, Timun Mas
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Safa Aulia Rachmat
Date Deposited: 17 Oct 2025 07:12
Last Modified: 17 Oct 2025 07:12
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3581

Actions (login required)

View Item
View Item