Fikri Syamsuddin, Muh. (2025) PERANCANGAN TRADING CARD PAHLAWAN NASIONAL PATRIOT WAR SEBAGAI MEDIA PERMAINAN EDUKASI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
Laporan TA (Muh. Fikri).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (839kB)
Abstract
The younger generation's interestin history, especially national heroes, is declining because it is consideredboring and irrelevant to today's world. To address this issue, this final project created a card game called TradingCard Game (TCG) Indonesian Heroes as a means of entertainment and learning. TCG was chosen because it offers excitement in competition, card collecting, and strategy design, and is able to convey information through images and brief explanations on each card. The TCG creation process is divided into three stages: pre- production, production, and post-production. The results of this analysis indicate that this Trading Card Game has the potential to become an educational game medium that can increase interest in learning about the history of National Heroes in an enjoyable way, and contribute to the development of creative game-based educational media.
Minat generasi muda terhadap sejarah, terutama tokoh pahlawan nasional, semakin berkurang karena dianggap membosankan dan kurang relevan dengan zaman sekarang. Untuk mengatasi masalah ini, Tugas Akhir ini membuat permainan kartu yang bernama Trading Card Game (TCG) Pahlawan Indonesia sebagai sarana hiburan sekaligus pembelajaran. TCG dipilih karena menawarkan keseruan dalam berkompetisi, menyimpan kartu, dan merancang strategi, serta mampu menyampaikan informasi melalui gambar dan penjelasan singkat di setiap kartu. Proses pembuatan TCG ini dibagi menjadi tiga tahap: pra-produksi, produksi, serta pascaproduksi. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa Trading card Game ini berpotensi menjadi media permainan edukasi yang dapat meningkatkan minat dalam mempelajari sejarah Pahlawan Nasional dengan cara yang menyenangkan, serta berkontribusi pada pengembangan media pendidikan kreatif berbasis permainan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | 1. Ridwan Jamal, S.Sos., M.M. sebagai Dosen Pembimbing I; 2. Syahrir Nawir Nur, S.Sos., M.I.Kom sebagai Dosen Pembimbing II |
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Trading Card Game, Pahlawan Nasional, Sejarah Keywords: Trading Card Game, National Hero, History |
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
| Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Makassar |
| Depositing User: | Muh Fikri Syamsuddin |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 03:26 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 03:26 |
| URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3600 |
