PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGENAL BENDA DI SEKITAR UNTUK SISWA TAMAN KANAK KANAK MELUR CIGANJUR

Efraim Marpaung, Riand (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGENAL BENDA DI SEKITAR UNTUK SISWA TAMAN KANAK KANAK MELUR CIGANJUR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGENAL BENDA DI SEKITAR UNTUK SISWA TAMAN KANAK KANAK MELUR CIGANJUR] Text (PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGENAL BENDA DI SEKITAR UNTUK SISWA TAMAN KANAK KANAK MELUR CIGANJUR)
TA2025_D_26_RIAND EFRAIM MARPAUNG_REPOSITORY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
This study aims to design learning media for reading and recognizing surrounding objects tailored to the needs of students at Melur Ciganjur Kindergarten. The methods applied include direct observation in the school environment, interviews with teachers, and documentation studies related to early childhood development theories and visual communication design. The design results consist of interactive media comprising an illustrated book as the main medium, supported by letter cards, stickers, keychains, and an interactive X-banner. The evaluation indicates that the media successfully attracted students’ attention, enhanced their reading interest, and facilitated the recognition of simple vocabulary relevant to daily life. In conclusion, visually engaging, contextual, and communicative media can serve as an effective solution to support early literacy while strengthening the connection between words and real-world objects for young learners.

Keyword : Learning Media, Early Childhood, Reading, Object Recognition, Kindergarten, Educational Visual Media, Contextual Design, Reading Interest.

Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran membaca dan mengenal benda di sekitar yang sesuai dengan kebutuhan siswa Taman Kanak-kanak Melur Ciganjur. Metode yang digunakan meliputi observasi langsung di lingkungan sekolah, wawancara dengan guru, serta studi dokumentasi terkait teori perkembangan anak usia dini dan desain komunikasi visual. Hasil perancangan berupa media interaktif yang terdiri atas buku bergambar sebagai media utama serta kartu huruf, stiker, gantungan kunci, dan X-banner sebagai media pendukung. Evaluasi menunjukkan bahwa media ini mampu menarik perhatian siswa, meningkatkan minat membaca, serta memudahkan anak dalam mengenal kosakata sederhana yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, media visual yang dirancang secara kontekstual, komunikatif, dan menyenangkan dapat menjadi solusi efektif dalam mendukung literasi awal anak usia dini sekaligus memperkuat keterhubungan antara kata dan objek nyata di sekitar mereka.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Anak Usia Dini, Membaca, Pengenalan Benda, Taman Kanak-Kanak, Media Visual Edukatif, Desain Kontekstual, Minat Baca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Dr Dayu Sri Herti, S.Pd., M.Sn Sebagai Pembimbing 1 2.Irpan Riana, M.Sn Sebagai Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: Keyword : Learning Media, Early Childhood, Reading, Object Recognition, Kindergarten, Educational Visual Media, Contextual Design, Reading Interest. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Anak Usia Dini, Membaca, Pengenalan Benda, Taman Kanak-Kanak, Media Visual Edukatif, Desain Kontekstual, Minat Baca.
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
700 - Seni dan Rekreasi > 750 Seni lukis > 752 Seni warna
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: RIAND EFRAIM MARPAUNG
Date Deposited: 20 Oct 2025 08:19
Last Modified: 20 Oct 2025 08:19
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3652

Actions (login required)

View Item
View Item