PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PLATFORMER 2D ‘FIND YOUR COLORS’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WARNA DASAR ANAK ANAK

Rananta, Prayoga (2025) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PLATFORMER 2D ‘FIND YOUR COLORS’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WARNA DASAR ANAK ANAK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PLATFORMER 2D ‘FIND YOUR COLORS’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WARNA DASAR ANAK ANAK] Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PLATFORMER 2D ‘FIND YOUR COLORS’ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN WARNA DASAR ANAK ANAK)
preliminary_prey_21210047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (814kB)

Abstract

Basic color recognition plays an important role in the cognitive development of young children. However, conventional learning methods are often less engaging and interactive. At the same time, children today are more familiar with digital devices, although most games they play lack educational value. This study developed Find Your Colors, an educational platformer game designed for 7-year-old children to support basic color learning in a fun and interactive way. The development process followed the Game Development Life Cycle (GDLC) method, focusing on creating visual assets that are attractive and appropriate for children. The final result is expected to serve as an effective learning medium that encourages active learning through gameplay.
Keywords: Educational Game, Basic Colors, GDLC, Platformer.
.
Pengenalan warna dasar merupakan bagian penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini. Namun, metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional cenderung kurang menarik dan interaktif. Sementara itu, anak-anak saat ini lebih akrab dengan perangkat digital, meskipun sebagian besar game yang mereka mainkan belum bersifat edukatif. Penelitian ini mengembangkan Find Your Colors, sebuah game platformer edukatif untuk anak usia 7 tahun yang dirancang untuk membantu pembelajaran warna dasar secara menyenangkan. Proses pengembangan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan fokus pada pembuatan aset visual yang menarik dan sesuai dengan karakteristik anak-anak. Hasilnya, game ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran interaktif yang efektif dan memotivasi anak untuk belajar lebih aktif..
Kata kunci: Game Edukasi, Warna Dasar, GDLC, Platformer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Deddy Stevano H. Tobing, M.Si., Selaku Pembimbing I; 2. Misbakul Munir, M.Pd. I, Selaku Pembimbing II;
Uncontrolled Keywords: Educational Game, Basic Colors, GDLC, Platformer, Game Edukasi, Warna Dasar, GDLC, Platformer.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: prayoga satria rananta
Date Deposited: 23 Oct 2025 08:22
Last Modified: 23 Oct 2025 08:22
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3658

Actions (login required)

View Item
View Item