PERANCANGAN GAME 3D PLATFORMER BERBASIS DESKTOP UNTUK BAHAYANYA “BALAP LIAR: TOBAT SEBELUM TERLAMBAT”

Awal Ramadhan, Raihan (2025) PERANCANGAN GAME 3D PLATFORMER BERBASIS DESKTOP UNTUK BAHAYANYA “BALAP LIAR: TOBAT SEBELUM TERLAMBAT”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN GAME 3D PLATFORMER BERBASIS DESKTOP UNTUK BAHAYANYA “BALAP LIAR: TOBAT SEBELUM TERLAMBAT”] Text (PERANCANGAN GAME 3D PLATFORMER BERBASIS DESKTOP UNTUK BAHAYANYA “BALAP LIAR: TOBAT SEBELUM TERLAMBAT”)
Laporan TA repo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (964kB)

Abstract

The phenomenon of illegal street racing among teenagers remains a significant social problem in Indonesia. This research aims to design a desktop-based 3D platformer game as an interactive educational medium to raise awareness of the dangers of illegal street racing. The game was designed using the Game Development Life Cycle (GDLC) method with a Game-Based Learning (GBL) approach, integrating local mystical elements and emotional affect, such as jump scares and cultural narratives, to strengthen player engagement. The game's primary target audience is teenagers aged 13–18, with gameplay themes depicting illegal street racing experiences in a typical Indonesian environment. Alpha and beta testing results showed a very positive response, with an acceptance index of 93%, categorized as "very acceptable." The game not only delivers cognitively educational messages but also encourages emotional reflection through an immersive gameplay experience. Therefore, this game has the potential to be an effective and contextual alternative digital learning medium in traffic safety campaigns for the younger generation.
Keywords: Educational Game, Illegal Street Racing, 3D Platformer, Teenagers, Game-Based Learning, Local Mysticism, Jump scares, GDLC

Fenomena balap liar di kalangan remaja masih menjadi masalah sosial yang mengkhawatirkan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk merancang game 3D platformer berbasis desktop sebagai media edukasi interaktif untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya balap liar. Game dirancang menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan pendekatan Game-Based Learning (GBL), serta mengintegrasikan elemen mistika lokal dan afeksi emosional, seperti jumpscare dan narasi budaya, guna memperkuat keterlibatan pemain. Target utama game ini adalah remaja usia 13–18 tahun, dengan tema gameplay yang menampilkan pengalaman balapan liar di lingkungan khas Indonesia. Hasil pengujian alpha dan beta menunjukkan bahwa game mendapat respons sangat positif dengan indeks penerimaan sebesar 93%, yang termasuk dalam kategori “sangat diterima.” Game ini tidak hanya menyampaikan pesan edukatif secara kognitif, tetapi juga mendorong refleksi emosional melalui pengalaman bermain yang imersif. Dengan demikian, game ini berpotensi menjadi alternatif media pembelajaran digital yang efektif dan kontekstual dalam kampanye keselamatan berlalu lintas untuk generasi muda.
Kata Kunci: Game Edukasi, Balap Liar, 3D Platformer, Remaja, Game-Based Learning, Mistika Lokal, Jumpscare, GDLC

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Prilly Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom. sebagai Pembimbing I ; 2. Nofiandri Setyamara, ST.,M.Ak.,MT. sebagai Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Educational Game, Illegal Street Racing, 3D Platformer, Teenagers, Game-Based Learning, Local Mysticism, Jump scares, GDLC, Game Edukasi, Balap Liar, 3D Platformer, Remaja, Game-Based Learning, Mistika Lokal, Jumpscare, GDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Raihan Awal Ramadhan
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:37
Last Modified: 22 Oct 2025 02:37
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item
View Item