Alfarabi, Muhammad Gibran (2025) Teknik Dalam Pembuatan Aset Visual Bergaya Kartun Pada Program Situasi Komedi Live "Kuberi Satu Permintaan". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
Teknik Dalam Pembuatan Aset Visual Bergaya Kartun Pada Program Situasi Komedi Live Kuberi Satu Permintaan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
The development of the digital broadcasting industry has driven improvements in visual quality for television productions, including live situation comedy (sitcom) programs. One of the key elements in enhancing the visual appeal of such programs is the use of visual assets, particularly those with a cartoon style. This style is considered effective in strengthening comedic nuance, character representation, and creating a light and engaging atmosphere for the audience.
This final project aims to explore techniques in creating cartoon-style visual assets for a live sitcom program titled “Kuberi Satu Permintaan”. The methods used include visual reference studies, design processes utilizing Adobe After Effects and Adobe Illustrator, and evaluation based on the effectiveness of the assets during the live broadcast. The design results show that the cartoon approach successfully reinforces the visual identity of the show and increases audience engagement. These findings are expected to serve as a reference for graphic designers in producing entertainment-based live broadcasts.
Keywords: Visual Assets, Cartoon Style, Sitcom, Graphic Design, Live Broadcast.
Perkembangan industri penyiaran digital telah mendorong peningkatan kualitas visual dalam produksi program televisi, termasuk program situasi komedi (sitkom) live. Salah satu elemen penting dalam menunjang daya tarik visual program adalah aset visual, khususnya yang memiliki gaya kartun. Gaya ini dinilai efektif dalam memperkuat nuansa komedi, karakterisasi tokoh, serta membangun suasana yang ringan dan komunikatif bagi penonton. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengkaji teknik dalam pembuatan aset visual bergaya kartun untuk program sitkom live berjudul "Kuberi Satu Permintaan". Metode yang digunakan meliputi studi referensi visual, proses desain menggunakan perangkat lunak Adobe After Effects dan Adobe Illustrator, serta evaluasi berdasarkan efektivitas penggunaan aset selama siaran langsung. Hasil perancangan menunjukkan bahwa pendekatan kartun mampu memperkuat identitas visual acara dan meningkatkan keterlibatan penonton. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi desainer grafis dalam produksi siaran live berbasis hiburan.
Kata Kunci: Aset Visual, Gaya Kartun, Sitkom, Desain Grafis, Siaran Langsung
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | 1. Freddy Yakob, M.I.Kom., Selaku Dosen Pembimbing I. 2. Bibit Samsuri, S.Sos., M.Si., Selaku Dosen Pembimbing II |
| Uncontrolled Keywords: | Keywords: Visual Assets, Cartoon Style, Sitcom, Graphic Design, Live Broadcast. Perkembangan industri penyiaran digital telah mendorong peningkatan kualitas visual dalam produksi program televisi, termasuk program situasi komedi (sitkom) live. Salah satu elemen penting dalam menunjang daya tarik visual program adalah aset visual, khususnya yang memiliki gaya kartun. Gaya ini dinilai efektif dalam memperkuat nuansa komedi, karakterisasi tokoh, serta membangun suasana yang ringan dan komunikatif bagi penonton. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengkaji teknik dalam pembuatan aset visual bergaya kartun untuk program sitkom live berjudul "Kuberi Satu Permintaan". Metode yang digunakan meliputi studi referensi visual, proses desain menggunakan perangkat lunak Adobe After Effects dan Adobe Illustrator, serta evaluasi berdasarkan efektivitas penggunaan aset selama siaran langsung. Hasil perancangan menunjukkan bahwa pendekatan kartun mampu memperkuat identitas visual acara dan meningkatkan keterlibatan penonton. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi desainer grafis dalam produksi siaran live berbasis hiburan. Kata Kunci: Aset Visual, Gaya Kartun, Sitkom, Desain Grafis, Siaran Langsung |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 792 Seni pertunjukan panggung, teater |
| Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran |
| Depositing User: | Muhammad Gibran Alfarabi |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 08:23 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 08:23 |
| URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3748 |
