Rizqullah, Achmad Dafa (2024) PERAN EDITOR DALAM VISUALISASI IDENTITAS PROGRAM LIVE YOUTUBE DRAMA MUSIKAL “KOSAN NUSANTARA”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERAN EDITOR DALAM VISUALISASI IDENTITAS PROGRAM LIVE YOUTUBE DRAMA MUSIKAL “KOSAN NUSANTARA” [thumbnail of PERAN EDITOR DALAM VISUALISASI IDENTITAS PROGRAM LIVE YOUTUBE DRAMA MUSIKAL “KOSAN NUSANTARA”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan TA_Achmad Dafa Rizqullah-1-12.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
Abstract
Media baru seperti YouTube memainkan peran penting dalam mempopulerkan
konten digital dan mempengaruhi tren global saat ini. Dengan adanya tren global
dan era serba digital ini budaya sering dikesampingkan, minat generasi muda
terhadap seni dan budaya mengalami penurunan. Oleh karena itu, penulis bersama
tim sepakat untuk menciptakan sebuah program pertunjukan drama musikal
bertema kebudayaan. Pada karya tugas akhir ini penulis berperan sebagai editor
yang bertugas mempersiapkan keperluan visual produksi. Menurut (Sugihartono &
Wibawa, 2019) Editor bertanggung jawab mengorganisir serta menyelesaikan
sebuah proyek yang telah dibuat. Editor juga bekerja sama dengan penulis naskah
dan program director untuk menciptakan suatu program yang hidup agar penonton
mampu menerima tujuan dari program tersebut. Penulis menggunakan teknik
pengumpulan data dengan metode observasi dan studi Pustaka guna mengetahui
tentang teknik editing. Penulisan ini menyoroti pentingnya identitas visual dalam
menarik perhatian dan membedakan program di media televisi dan digital, dengan
penekanan khusus pada penggunaan Opening Bumper Break (OBB) yang
diharapkan dapat memberikan informasi konsep visual yang menarik dan berbeda
dari program lain dalam program drama musikal. Penulis melakukan pendekatan
editing menggunakan motion graphic agar visual program lebih santai dan menarik,
sehingga dapat menciptakan pengalaman menonton yang lebih dinamis dan
memikat bagi penonton. Dengan pendekatan ini, diharapkan program drama
musikal dapat lebih menonjol dan membedakan diri di tengah persaingan konten
digital yang semakin ketat.
New media such as YouTube play a crucial role in popularizing digital content and
influencing current global trends. In this era of global trends and all things digital,
culture is often sidelined, and the interest of the younger generation in arts and
culture has declined. Therefore, the author, along with the team, agreed to create
a cultural-themed musical drama program. In this final project, the author serves
as the editor responsible for preparing the visual needs of the production.
According to Sugihartono & Wibawa (2019), an editor is responsible for organizing
and completing a project that has been created. Editors also collaborate with
scriptwriters and program directors to create a lively program that allows the
audience to grasp the purpose of the program. The author used data collection
techniques through observation and literature study to learn about editing
techniques. This writing highlights the importance of visual identity in attracting
attention and distinguishing programs on television and digital media, with
particular emphasis on the use of Opening Bumper Breaks (OBBs) which are
expected to provide visually interesting and distinctive concepts compared to other
programs in the musical drama program. The author employed an editing approach
using motion graphics to make the program's visuals more relaxed and engaging,
thereby creating a more dynamic and captivating viewing experience for the
audience. With this approach, it is hoped that the musical drama program can stand
out and differentiate itself amidst the increasingly competitive digital content
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Freddy Yakob, M.I.Kom. ; 2. Reny Yulyati BR Lumban Toruan, S.Sn.,M.Sn. |
Uncontrolled Keywords: | Editor, OBB, Motion Graphic, Drama Musikal, Musical Drama |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 03:27 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 03:27 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/378 |