Pembuatan Buku Ilustrasi Edukatif Bertema Pengenalan Angka Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa TK ST Regina Schoo

Sembiring, Imanuel Tuahta (2025) Pembuatan Buku Ilustrasi Edukatif Bertema Pengenalan Angka Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa TK ST Regina Schoo. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pembuatan Buku Ilustrasi Edukatif Bertema Pengenalan Angka Untuk Meningkatkan Daya Ingat  Siswa TK ST Regina Schoo] Text (Pembuatan Buku Ilustrasi Edukatif Bertema Pengenalan Angka Untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa TK ST Regina Schoo)
laporan TA imanuel cover samapai daftar lampiran.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (578kB)

Abstract

ABSTRACT
Early childhood students are in an important stage of growth and development that will influence their readiness to enter the next level of education. One of the basic skills that kindergarten students need to master is number recognition. Mastery of numbers serves as the foundation of mathematical ability and can also improve memory and comprehension. However, based on observations at TK ST Regina School, it was found that around 60% of students were not yet able to recognize numbers sequentially or randomly, while 40% were only able to recognize a limited range of numbers. This indicates the importance of developing new learning media that are more engaging and enjoyable. This final project aims to design and create an educational illustration book measuring 21 × 29.7 cm, equipped with animal illustrations and simple activities that support the recognition of numbers 1–20 so that kindergarten students do not easily get bored during lessons. This book is expected to help students gradually recognize numbers and improve memory. Keywords: Illustration Book, educational, number recognition, TK ST Regina School.

ABSTRAK
Siswa usia dini sedang berada dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan penting yang akan mempengaruhi kesiapan mereka dalam memasuki pendidikan selanjutnya. Salah satu keterampilan dasar yang perlu dikuasai siswa taman kanak-kanak (TK) adalah pengenalan angka, penguasaan angka akan menjadi dasar bagi kemampuan matematika serta dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman. Namun, berdasarkan hasil observasi di TK ST Regina School, diketahui bahwa 60% siswa belum mampu mengenali angka secara berurutan maupun secara acak, sedangkan 40% lainnya hanya mampu mengenali sebagian angka saja. Hal ini menunjukkan pentingnya media pembelajaran baru yang lebih menarik dan menyenangkan. Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang dan membuat buku ilustrasi edukatif berukuran 21 x 29.7 cm dilengkapi dengan ilustrasi hewan dan aktivitas sederhana yang mendukung pengenalan angka 1-20 agar siswa TK tidak mudah bosan pada saat jam pelajaran. Buku ini diharapkan membantu siswa dalam mengenal angka secara bertahap dan meningkatkan daya ingat.
Kata Kunci: Buku Ilustrasi, edukatif, pengenalan angka, TK ST Regina School.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Haryati Ahda Nasution, S.Pd., M.Pd Sebagai Dosen Pembimbing Satu 2. Syafriandi, S.Pd., M.Sn Sebagai Dosen Pembimbing Dua
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Buku Ilustrasi, edukatif, pengenalan angka, TK ST Regina School. Keywords: Illustration Book, educational, number recognition, TK ST Regina School.
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 743 Gambar menurut subjek, menggambar menurut subjek
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan
Depositing User: Imanuel Tuahta Sembiring
Date Deposited: 05 Nov 2025 08:16
Last Modified: 05 Nov 2025 08:16
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3780

Actions (login required)

View Item
View Item