PEMBUATAN ANIMASI 3D “PENGENALAN KELOMPOK HEWAN” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPAS PADA KELAS 3 SDN 104254 SIDODADI RAMUNIA

Hussain, Mohammad Yosoof (2025) PEMBUATAN ANIMASI 3D “PENGENALAN KELOMPOK HEWAN” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPAS PADA KELAS 3 SDN 104254 SIDODADI RAMUNIA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN ANIMASI 3D “PENGENALAN KELOMPOK HEWAN” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPAS PADA KELAS 3 SDN 104254 SIDODADI RAMUNIA] Text (PEMBUATAN ANIMASI 3D “PENGENALAN KELOMPOK HEWAN” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPAS PADA KELAS 3 SDN 104254 SIDODADI RAMUNIA)
repository.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT

Elementary education requires engaging learning media to enhance students’ interest and comprehension. Based on observations and interviews at SDN 104254 Sidodadi Ramunia, the learning process still relies on conventional media, making it less appealing to students. Therefore, the author created a 3D animation introducing animal groups (carnivores, herbivores, and omnivores) using a Minecraft-style visual approach. This project aims to support the learning process in Grade 3 by providing an interactive and easy-to-understand medium. The animation was produced through three main stages: pre-production, production, and post-production, using Mine-Imator and Adobe Premiere Pro software. The final product is a 2-minute 38-second animated video. This animation is expected to increase students’ motivation and interest in learning, as well as serve as an alternative educational and enjoyable visual learning medium for elementary students.
Keywords: 3D Animation, Learning Media, Animal Groups, Mine-Imator, Elementary Education

ABSTRAK

Pendidikan dasar membutuhkan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN 104254 Sidodadi Ramunia, ditemukan bahwa proses pembelajaran masih menggunakan media konvensional, sehingga kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, penulis membuat animasi 3D bertema pengenalan kelompok hewan (karnivora, herbivora, dan omnivora) dengan gaya visual menyerupai gim Minecraft. Proyek ini bertujuan untuk mendukung proses pembelajaran di kelas 3 melalui media yang lebih interaktif dan mudah dipahami. Proses pembuatan animasi dilakukan melalui tiga tahap utama: pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi, menggunakan perangkat lunak Mine-Imator dan Adobe Premiere Pro. Hasil akhirnya berupa video animasi berdurasi ±2 menit 38 detik. Animasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik dan motivasi siswa dalam belajar serta menjadi alternatif media pembelajaran visual yang edukatif dan menyenangkan bagi sekolah dasar.
Kata Kunci: Animasi 3D, Media Pembelajaran, Kelompok Hewan, Mine-Imator, Pendidikan Dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Suhendra, S.T, M.Kom, Sebagai Dosen Pembimbing I 2. Nurianti Sitorus, SS, M.Hum, Sebagai Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Animasi 3D, Media Pembelajaran, Kelompok Hewan, Mine-Imator, Pendidikan Dasar Keywords: 3D Animation, Learning Media, Animal Groups, Mine-Imator, Elementary Education
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis Kampus Medan
Depositing User: Mohammad Yosoof Hussain
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:09
Last Modified: 10 Nov 2025 08:09
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3792

Actions (login required)

View Item
View Item