Bintang Maharani, Ashifa (2024) UJI PENERIMAAN PASAR PRODUK MIE INSTAN DENGAN PENAMBAHAN LUMATAN DAGING IKAN LELE DAN RUMPUT LAUT (KARAGENAN). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![UJI PENERIMAAN PASAR PRODUK MIE INSTAN DENGAN PENAMBAHAN LUMATAN DAGING IKAN LELE DAN RUMPUT LAUT (KARAGENAN) [thumbnail of UJI PENERIMAAN PASAR PRODUK MIE INSTAN DENGAN PENAMBAHAN LUMATAN DAGING IKAN LELE DAN RUMPUT LAUT (KARAGENAN)]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ASHIFABINTANGMAHARANI-21710005-1-15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (656kB)
Abstract
ABSTRAK
Instant Noodles are noodles made from wheat flour that have a high carbohydrate
content but other nutritional content is still low so it is necessary to increase the
nutritional value of noodles by substituting food. By adding catfish and seaweed
(carrageenan) to instant noodle products, it will be more nutritious because the
nutritional content of the fish is quite high and the aim is to increase fiber levels.
The problems in this study determine Segmenting, Targeting, Positioning, Market
acceptance test on catfish carrageenan instant noodle products, and Sales results
on catfish carrageenan instant noodle products. using descriptive quantitative
research methods, data were collected from observation data, questionnaires and
literature reviews to determine a sample consisting of 50 respondents, in the
Jabodetabek area. Researchers provided a questionnaire containing the Likert
Scale and Guttman Scale for collecting market acceptance test data. The results of
the study based on the market acceptance test showed that catfish instant noodle
products sold 50 portions using STP analysis which influenced Demographic Data
on Sales of Catfish Carrageenan Instant Noodles. By having 5 indicators, namely
Taste, Packaging, Product Price, Purchase Interest and Positioning, it has
achieved positive sales results, namely being very popular and in demand by Instant
Noodle lovers..
Keywords: Instant noodles, Catfish, Carrageenan, Market Acceptance Test
Mie Instan merupakan mie berbahan dasar tepung terigu yang memiliki kandungan
karbohidrat tinggi namun kandungan zat gizi lainnya masih rendah sehingga perlu
dilakukannya peningkatan nilai gizi pada mie dengan cara substitusi pangan.
Dengan penambahan ikan lele dan rumput laut (karagenan) ke dalam produk mie
instan akan lebih bergizi karena kandungan gizi pada ikan tersebut cukup tinggi dan
tujuannya meningkatkan kadar serat. Permasalahan dalam penelitian ini
menentukan Segmenting, Targeting, Positioning, Uji penerimaan pasar pada
produk mie instan ikan lele karagenan, dan Hasil penjualan pada produk mie instan
ikan lele karagenan. menggunakkan metode penelitian kuantitatif deskriptif, data
dikumpulkan dari data observasi, kuesioner dan kajian pustaka umtuk menentukan
sampel yang terdiri dari 50 responden, pada kawasan Jabodetabek. Peneliti
memberikan kuesioner yang berisi Skala Likert dan Skala Guttman untuk
pengumpulan data uji penerimaan pasar. Hasil dari penelitian berdasarkan uji
penerimaan pasar menunjukkan bahwa produk mie instan ikan lele terjual 50 porsi
menggunakkan analisa STP yang berpengaruh pada Data Demografis penjualan
Mie Instan Ikan Lele Karagenan. Dengan memiliki 5 indikator yaitu Cita Rasa,
Packaging, Harga Produk, Minat Beli dan Positioning mendapat hasil penjualan
yang positif yaitu sangat disukai, dan diminati para pecinta Mie Instan.
Kata kunci : Mie instan, Ikan lele, Karagenan, Uji Penerimaan Pasar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Dimas Bayu Pinandoyo, S.Si., M.Sc., sebagai pembimbing 1 Muhammad Ridwan, S.Ikom,M.M. sebagai pembimbing 2 |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 04:08 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 04:08 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/381 |