PEMBUATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI TEMPAT WISATA KOTA DEPOK BERBASIS ANDROID

Prayoga, Muhammad (2020) PEMBUATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI TEMPAT WISATA KOTA DEPOK BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI TEMPAT WISATA KOTA DEPOK BERBASIS ANDROID] Text (PEMBUATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI TEMPAT WISATA KOTA DEPOK BERBASIS ANDROID)
17810180-Mohammad Prayoga-LapTA-All-1-15.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (849kB)

Abstract

Promosi pengenalan tempat wisata adalah salah satu program yang dilakukan oleh
Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporyata) kota Depok.
Promosi merupakan salah satu kunci dalam sebuah usaha pemasaran, baik di bidang
pemasaran produk maupun bidang lain termasuk bidang pariwisata. Kota Depok
merupakan salah satu kota yang memiliki potensi atau peluang di sektor pariwisata.
Dari pembahasan diatas ini muncullah ide untuk mengembangkan dan
menggabungkan teknologi Augmented Reality sebagai media promosi tempat
wisata kota Depok. Aplikasi ini dibuat dengan tujuan agar dapat menarik minat
masyarakat terhadap tempat wisata di kota Depok sehingga terbentuknya media
promosi wisata yang efektif dan edukatif.
Terdapat 5 objek Augmented Reality dalam aplikasi ini, yaitu Wisata Argo Godong
Ijo, Pasir Putih Water Park, D’Kandang, Taman Rekreasi Wiladatika, dan Masjid
Kubah Mas. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan beberapa software yaitu
Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop digunakan untuk pembuatan desain aset,
Unity 3D digunakan untuk membuat dan membangun aplikasi android, Cinema 4D
digunakan untuk membuat objek 3 dimensi, Vuforia digunakan untuk membuat
database augmented reality dan beberapa software pendukung seperti JDK dan
SDK untuk membangun program menjadi aplikasi android. Aplikasi ini telah diinstall dan dijalankan di 3 perangkat dengan rincian percobaan mulai dari membuka
aplikasi, membuka ar kamera, mendeteksi marker membuka petunjuk penggunaan,
membuka tentang aplikasi, membuka pengaturan, mencoba kembali ke halaman
utama, dan keluar aplikasi.

Promotion of the introduction of tourist attractions is one of the programs carried
out by the Depok City Youth, Sports, Culture and Tourism Agency (Disporyata).
Promotion is one of the keys in a marketing effort, both in product marketing and
in other fields including tourism. Depok City is a city that has potential or
opportunities in the tourism sector. From the above discussion, an idea emerged to
develop and combine Augmented Reality technology as a promotional medium for
tourist attractions in Depok. This application was created with the aim of being able
to attract public interest in tourist attractions in the city of Depok so that the
formation of an effective and educational tourism promotion media.
There are 5 Augmented Reality objects in this application, namely Argo Godong
Ijo Tourism, Pasir Putih Water Park, D'Kandang, Wiladatika Recreational Park, and
Kubah Mas Mosque. This application was created using several software, namely
Adobe Illustrator and Adobe Photoshop which are used for asset design, Unity 3D
is used to create and build Android applications, Cinema 4D is used to create 3-
dimensional objects, Vuforia is used to create augmented reality databases and
some supporting software such as JDK and SDK to build programs into android
applications. This application has been installed and run on 3 devices with trial
details starting from opening the application, opening the camera ar, detecting the
marker opening the user manual, opening about the application, opening settings,
trying to return to the main page, and exiting the application.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nofiandri Setyasmara, M.T. ; 2. Agung Budi Prasetyo, M.T.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Aplikasi Interaktif, Media Promosi, Wisata, Aplikasi, Interactive Application, Media Promotion, Wisata, Aplication.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 24 Nov 2025 03:28
Last Modified: 24 Nov 2025 03:28
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/3863

Actions (login required)

View Item
View Item