PENULISAN NASKAH BUKU ANAK “LULU SI KUCING YANG INGIN TERBANG” SEBAGAI PENGENALAN KEMAMPUAN DIRI PADA ANAK

PUTRI, BELLA NURMAYA (2024) PENULISAN NASKAH BUKU ANAK “LULU SI KUCING YANG INGIN TERBANG” SEBAGAI PENGENALAN KEMAMPUAN DIRI PADA ANAK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENULISAN NASKAH BUKU ANAK “LULU SI KUCING  YANG INGIN TERBANG” SEBAGAI PENGENALAN  KEMAMPUAN DIRI PADA ANAK] Text (PENULISAN NASKAH BUKU ANAK “LULU SI KUCING YANG INGIN TERBANG” SEBAGAI PENGENALAN KEMAMPUAN DIRI PADA ANAK)
Laporan TA Bella Nurmaya Putri.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

The children's book “Lulu Si Kucing Yang Ingin Terbang” is a final project with
the team. This children's book with the theme of children's self-ability aims to
enable children to recognize their abilities early on. In the process of making the
final project, the writer acts as an author. For this reason, the purpose of writing
this final project is to explain the process of preparing a children's book that raises
the introduction of children's self-abilities. In completing this final project, the
author refers to the theories of Leo (2017) and Trimansyah (2020). The method
used is descriptive with literature study and survey data collection techniques. The
process of preparing a children's book “Lulu Si Kucing Yang Ingin Terbang” is
carried out in stages (1) Planning writing: determining topics/ideas,
brainstorming, and making writing arrangements, including determining
topics/ideas and brainstorming, (2) writing drafts: starting stories, animating story
characters, inserting dialog, developing storylines, ending stories, (3) revising. The
results of this writing are realized in the form of a dummy product of the children's
book “Lulu Si Kucing Yang Ingin Terbang”.

Buku anak “Lulu Si Kucing Yang Ingin Terbang” merupakan karya tugas akhir
bersama tim. Buku anak yang bertema kemampuan diri anak ini bertujuan agar
anak-anak dapat mengenali kemampuan diri sejak dini. Dalam proses pembuatan
karya tugas akhir penulis berperan sebagai pengarang. Untuk itu, tujuan penulisan
tugas akhir ini adalah untuk menjelaskan proses penyusunan buku anak yang
mengangkat pengenalan kemampuan diri pada anak. Dalam penyelesaian tugas
akhir ini, penulis merujuk teori Leo (2017) dan Trimansyah (2020). Metode yang
digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka dan
survei. Proses penyusunan buku anak “Lulu Si Kucing Yang Ingin Terbang”
dilakukan dengan tahapan (1) Merencanakan tulisan: menentukan topik/ide,
brainstorming, dan membuat susunan tulisan, meliputi menentukan topik/ide dan
brainstorming, (2) menulis draf: memulai cerita, menghidupkan tokoh cerita,
menyisipkan dialog, mengembangkan alur cerita, mengakhiri cerita, (3) merevisi.
Hasil pembuatan penulisan ini diwujudkan dalam bentuk dummy produk buku anak
“Lulu Si Kucing Yang Ingin Terbang”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Suratni, S.S., M.Hum. ; 2. Ratih Widowati, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Children's Book, Writing, Cat, Self-Ability, Buku Anak, Penulisan, Kucing, Kemampuan Diri
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penerbitan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 03 Mar 2025 07:30
Last Modified: 03 Mar 2025 07:30
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item
View Item