STRATEGI PROMOSI PRODUK MIE PEDAS DENGAN TEPUNG GANYONG MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Aviarahma Siregar, Farah (2024) STRATEGI PROMOSI PRODUK MIE PEDAS DENGAN TEPUNG GANYONG MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of STRATEGI PROMOSI PRODUK MIE PEDAS DENGAN TEPUNG GANYONG MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM] Text (STRATEGI PROMOSI PRODUK MIE PEDAS DENGAN TEPUNG GANYONG MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM)
Tugas Akhir_FarahAviarahmaSiregar-1-12.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (894kB)

Abstract

ABSTRACT
Promotion are social processes that enable individuals or groups to obtain
what they need and want. The purpose of making this report is so that readers know
the promotion and marketing strategy for spicy noodle products with canna flour,
especially on social media Instagram with SWOT (strength, weakness, opportunity,
threats), STP (segmenting, targeting and positioning) and AIDA (attention, interest,
desire and action). Apart from that, considering that there is still less than optimal
dissemination of information regarding local food from tubers, especially canna
tubers on Instagram social media, this writing also creates educational content
related to canna tubers Qualitative data analysis using insight overview Instagram
@__mietology to find out whether the promotion and marketing of canna spicy
noodles via Instagram social media can be carried out effectively. The results of
this research can provide the formulation of an effective and efficient promotion
and marketing strategy promotional and marketing strategies to be adopted by
prospective marketers who want to use similar strategies.
Keywords: Promotion, Instagram, Canna, Noodle
ABSTRAK
Promosi merupakan suatu proses sosial yang membuat individu atau
kelompok untuk memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Tujuan dari
adanya pembuatan laporan ini agar pembaca mengetahui strategi promosi dan
pemasaran produk mie pedas dengan tepung ganyong khususnya di media sosial
Instagram dengan analisis SWOT (strength, weakness, opportunity, threats), STP
(segmenting, targeting dan positioning) dan AIDA (attention, interest, desire dan
action. Selain itu, mengingat masih kurang optimalnya penyebaran informasi
terkait pangan lokal dari umbi-umbian khususnya umbi ganyong di media sosial
Instagram, maka pada penulisan ini juga melakukan pembuatan konten edukasi
terkait umbi ganyong. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kualitatif
dengan analisis data insight overview Instagram @__mietology untuk mengetahui
apakah promosi dan pemasaran mie pedas ganyong melalui media sosial Instagram
dapat berjalan secara efektif. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat memberikan
perumusan dari strategi promosi dan pemasaran yang efektif dan efisien. Penulisan
ini memberikan luaran perumusan strategi promosi dan pemasaran untuk dapat
diadopsi oleh calon pemasar yang ingin menggunakan strategi serupa.
Kata Kunci: Promosi, Instagram, Ganyong, Mie

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Nurul Akmalia, M.Med.Kom., sebagai Dosen Pembimbing I; Rr. Christiana Mayang Anggraeni Stj, S.Pd., M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing II;
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Pariwisata > Program Studi Seni Kuliner
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 12 Feb 2025 01:31
Last Modified: 12 Feb 2025 01:31
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item
View Item