PERAN PENATA KAMERA DALAM PENGGUNAAN TEKNIK MOVEMENT DAN KOMPOSISI KAMERA PADA DOKUMENTER TELEVISI EKSPOSITORI "LESTARI SATWA"

Malik, Abdul (2024) PERAN PENATA KAMERA DALAM PENGGUNAAN TEKNIK MOVEMENT DAN KOMPOSISI KAMERA PADA DOKUMENTER TELEVISI EKSPOSITORI "LESTARI SATWA". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERAN PENATA KAMERA DALAM PENGGUNAAN TEKNIK MOVEMENT DAN KOMPOSISI KAMERA PADA DOKUMENTER TELEVISI EKSPOSITORI "LESTARI SATWA"] Text (PERAN PENATA KAMERA DALAM PENGGUNAAN TEKNIK MOVEMENT DAN KOMPOSISI KAMERA PADA DOKUMENTER TELEVISI EKSPOSITORI "LESTARI SATWA")
LAPORAN TUGAS AKHIR ABDUL MALIK FINAL 1-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pada Tugas Akhir ini membahas tentang bagaimana Penata Kamera dalam
pembuatan program televisi dengan format dokumenter yang berjudul “Lestari Satwa”
dengan judul episode pertama yaitu “Cikalang Christmas ; Sang Penerbang Ulung dari
Autralia”. Penata Kamera merancang semua aspek sinematografi pada Pra Produksi
secara detail dan mengerjakan kegiatan Produksi dan Pasca Produksi agar sesuai dengan
hasil yang sudah ditentukan, penulis untuk menggunakan teknik pengumpulan data
melalui riset wawancara dan studi pustaka dimana penulis mendapatkan dan
mengumpulkan segala informasi dan data yang relevan, mendapatkan beberapa referensi
pengambilan gambar dari beberapa dokumen berbentuk tulisan maupun berbentuk audiovisual. Dengan informasi yang penulis dapatkan, penulis menerapkan pada proses
pembuatan dokumenter televisi sebagai seorang penata kamera agar dapat menghasilkan
karya yang bermanfaat untuk para penonton. Dari produksi sebuah dokumenter televisi
memiliki peran penting, dimana seorang penata camera memegang tanggung jawab besar
terhadap berlangsungnya pengambilan gambar sebuah produksi agar berjalan secara
efektif dan efisien.

In this final assignment, we discuss how camera designers make a television
program in a documentary format entitled Exploring Animals with the title of the first
episode being "Water Bird Paradise in the Capital". The Camera Stylist designs all
aspects of cinematography in Pre-Production in detail and carries out Production and
Post-Production activities so that they are in accordance with the results that have been
determined. The author chose to use data collection techniques through interview
research and library studies where the author obtained and collected all information and
data. relevant, get several reference images from several documents in written and audiovisual form. With the information the writer got, the writer applied it to the process of
making television documentaries as a cameraman in order to produce work that is useful
for the audience. The production of a television documentary has an important role,
where a cameraman holds great responsibility for the ongoing shooting of a production
so that it runs effectively and efficiently.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Ifah Atur Kurniati, M.I.Kom. ; 2. Dra. Lisa Indarsih Palindih
Uncontrolled Keywords: Penata Kamera, Dokumenter Televisi, “Lestari Satwa", Director Of Photography, Television Documentary
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Divisions: Jurusan Penerbitan > Program Studi Penyiaran
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 25 Feb 2025 08:07
Last Modified: 27 Feb 2025 07:31
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item
View Item