Alfarisi, Salman (2024) IMPLEMENTASI AI ADAPTIF DALAM GAME ACTION PLATFORMER 2D “KEEPING UP THE JOURNEY”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![IMPLEMENTASI AI ADAPTIF DALAM GAME ACTION PLATFORMER 2D “KEEPING UP THE JOURNEY” [thumbnail of IMPLEMENTASI AI ADAPTIF DALAM GAME ACTION PLATFORMER 2D “KEEPING UP THE JOURNEY”]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SalmanAlfarisi_20210075_LaporanTA-1-15.pdf
Download (1MB)
Abstract
This thesis explores the development of adaptive AI in the 2D action platformer game
"Keeping Up: The Journey" using Unity and the Finite State Machine (FSM)
algorithm. Adaptive AI enhances player experience by tailoring challenges to player
skills and increasing replayability. Adaptive AI improves engagement by adjusting
difficulty based on player performance. This study uses Unity and FSM to create
dynamic, responsive AI that reacts to player actions in an immersive way. The
implementation addresses issues like monotonous enemy interactions and predictable
movements by developing AI that adapts to player actions. This research provides
valuable insights for game developers, enhancing the creation of engaging and
challenging 2D action platformer games. The findings benefit academia, researchers,
developers, and players by offering a richer gaming experience through adaptive
enemy behavior.
Penelitian ini mengeksplorasi pengembangan AI adaptif dalam game 2D action
platformer "Keeping Up: The Journey" menggunakan Unity dan algoritma Finite
State Machine (FSM). AI adaptif meningkatkan pengalaman bermain dengan
menyesuaikan tantangan sesuai keterampilan pemain dan meningkatkan
replayability. AI adaptif meningkatkan keterlibatan pemain dengan menyesuaikan
tingkat kesulitan berdasarkan kinerja pemain. Penelitian ini menggunakan Unity dan
FSM untuk menciptakan AI yang dinamis dan responsif yang bereaksi terhadap
tindakan pemain dengan cara yang imersif. Implementasi ini mengatasi masalah
interaksi musuh yang monoton dan gerakan yang dapat diprediksi dengan
mengembangkan AI yang merespons tindakan pemain. Penelitian ini menawarkan
wawasan berharga bagi pengembang game, meningkatkan pembuatan game 2D
action platformer yang menarik dan menantang. Temuan ini bermanfaat bagi
akademisi, peneliti, pengembang, dan pemain dengan menyediakan pengalaman
bermain yang lebih kaya melalui perilaku musuh yang adaptif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Yeni Nurhasanah, S.Pd., M.T. Sebagai Pembimbing I 2. Refi Yuliana, S.sos., M.Si. Sebagai Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | AI Adaptif, Implementasi, 2D Action Platformer, Adaptive AI, Implementation, 2D Action Platformer |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 02:38 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 02:38 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/46 |