PENERAPAN ALGORITMA PATHFINDING A*(A STAR) PADA GAME PESTYGO BERBASIS DESKTOP

Pangestu, Rangga Rizki (2024) PENERAPAN ALGORITMA PATHFINDING A*(A STAR) PADA GAME PESTYGO BERBASIS DESKTOP. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENERAPAN ALGORITMA PATHFINDING A*(A STAR) PADA GAME PESTYGO BERBASIS DESKTOP] Text (PENERAPAN ALGORITMA PATHFINDING A*(A STAR) PADA GAME PESTYGO BERBASIS DESKTOP)
LAPORAN_TA_RANGGA_RIZKI_PANGESTU_20210073_2.pdf

Download (1MB)

Abstract

The development of the desktop-based game "Pestygo" presents complex challenges
in creating an engaging and dynamic gameplay experience with a farming theme.
One crucial aspect of this development is path finding for enemy characters in the
farming environment. The implementation of the A* (A STAR) ALGORITHM is used
to optimize path finding in the complex game environment. The A* ALGORITHM is
known for its efficiency in finding the shortest path and ensuring intelligent and
responsive character movements. Within the Game Development Life Cycle
(GDLC), the application of this ALGORITHM helps create smoother and more
natural navigation mechanisms, enhancing the overall gameplay quality. With the
A* ALGORITHM, enemies in the game "Pestygo" can navigate the farm map more
efficiently, avoiding obstacles such as plants, and reaching their goals quickly. This
not only enriches the user experience but also increases player satisfaction. This
thesis discusses the implementation of the A* ALGORITHM in the development of
the farm-themed game "Pestygo," including the challenges faced and solutions
applied to ensure optimal performance. The results show that the use of the A*
ALGORITHM significantly improves gameplay quality, making "Pestygo" a
successful example of path finding algorithm application in modern game
development.

Pengembangan game "Pestygo" berbasis desktop menghadirkan tantangan
kompleks dalam menciptakan pengalaman bermain yang menarik dan dinamis
dengan tema perkebunan. Salah satu aspek krusial dalam pengembangan ini adalah
pencarian jalur (Path finding) untuk karakter enemy di lingkungan perkebunan.
Implementasi ALGORITMA A* (A STAR) digunakan untuk mengoptimalkan
pencarian jalur dalam lingkungan game yang kompleks. ALGORITMA A* dikenal
karena efisiensinya dalam menemukan jalur terpendek dan memastikan pergerakan
karakter yang cerdas dan responsif. Dalam proses Game Development Life Cycle
(GDLC), penerapan ALGORITMA ini membantu menciptakan mekanisme
navigasi yang lebih halus dan alami, meningkatkan kualitas gameplay secara
keseluruhan. Dengan ALGORITMA A*, enemy dalam game "Pestygo" dapat
menjelajahi peta perkebunan dengan lebih efisien, menghindari rintangan seperti
tanaman, dan mencapai tujuan dengan cepat. Hal ini tidak hanya memperkaya
pengalaman pengguna tetapi juga meningkatkan kepuasan pemain. Tugas akhir ini
membahas implementasi ALGORITMA A* dalam pengembangan game "Pestygo"
bertema perkebunan, termasuk tantangan yang dihadapi dan solusi yang diterapkan
untuk memastikan performa optimal. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan
ALGORITMA A* secara signifikan meningkatkan kualitas gameplay, menjadikan
"Pestygo" sebagai contoh berhasil dari penerapan algoritma pencarian jalur dalam
pengembangan game.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nofiandri Setyasmara, M.T., Sebagai Pembimbing I. 2. Refi Yuliana, S.Sos., M.Si., Sebagai Pembimbing II.
Uncontrolled Keywords: Pestygo, Path finding, A STAR, algorithm, GDLC, Game, A STAR, ALGORITMA
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 12 Feb 2025 03:06
Last Modified: 12 Feb 2025 03:06
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item
View Item