Febryansyach, Rakha Muhammad (2024) PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL BARRATOUR UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL BARRATOUR UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT [thumbnail of PEMBUATAN KONTEN MEDIA SOSIAL BARRATOUR UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan Ta_Rakha-1-13.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (583kB)
Abstract
Pemasaran media sosial adalah strategi yang menggunakan platform media
sosial untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan mempromosikan produk atau layanan
kepada audiens yang tepat. Pendekatan ini melibatkan pembuatan konten kreatif,
berbagi informasi, dan interaksi langsung dengan audiens, khususnya melalui
platform seperti Instagram. BarraTour, sebagai salah satu anak perusahaan dari PT.
Fawwaz Amanah Sejahtera, berfokus pada layanan perjalanan ibadah haji dan
umroh. Perusahaan ini menyediakan berbagai paket umroh dan wisata Muslim serta
telah memulai kehadirannya di media sosial Instagram sejak April 2023. Langkah
kerja penulis sebagai Social Media Specialist di BarraTour melibatkan tiga tahap
utama: Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi. Pada tahap pra produksi,
penulis melakukan pengamatan terhadap konten kompetitor dan tren di media sosial
serta mengumpulkan footage. Di tahap produksi, penulis bertanggung jawab untuk
desain, editing video, retouching foto, serta pembuatan dan pengunggahan caption.
Tahap pasca produksi mencakup evaluasi hasil kerja dengan pembimbing untuk
memastikan konten yang dihasilkan sesuai dengan standar yang ditetapkan, Dalam
pembuatan konten di Instagram BarraTour menggunakan teori AISAS dan hasilnya
penulis mendapatkan 153 Engagement baru di Instagram yang terhitung dari bulan
Januari 2024 hingga bulan April 2024.
Social media marketing is a strategy that uses social media platforms to
interact, communicate, and promote products or services to the right audience. This
approach involves creating creative content, sharing information, and direct
interaction with the audience, especially through platforms like Instagram.
BarraTour, as a subsidiary of PT. Fawwaz Amanah Sejahtera, focuses on Hajj and
Umrah travel services. This company provides various Umrah and Muslim tour
packages and has started its presence on Instagram social media since April 2023.
The author's work steps as a Social Media Specialist at BarraTour involve three
main stages: Pre-Production, Production, and Post-Production. In the preproduction stage, the author observes competitor content and trends on social
media and collects footage. At the production stage, the writer is responsible for
design, video editing, photo retouching, as well as creating and uploading captions.
The post-production stage includes evaluating the results of the work with a
supervisor to ensure that the content produced meets the established standards. In
creating content on Instagram, BarraTour uses the AISAS theory and as a result
the author got 153 new engagements on Instagram starting from January 2024 to
April 2024.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Sartika Ekadyasa, M.I.Kom. ; 2. Ferdiansyah,M.Sn. |
Uncontrolled Keywords: | Social media Specialist, BarraTour, Engagement, AISAS |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat |
Divisions: | Jurusan Penerbitan > Program Studi Periklanan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 03:35 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 03:35 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/545 |