Tampubolon, Roberto Arison (2024) PEMBUATAN ASET 2D DALAM GAME ”FIND ANIMAL” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMBUATAN ASET 2D DALAM GAME ”FIND ANIMAL” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL [thumbnail of PEMBUATAN ASET 2D DALAM GAME ”FIND ANIMAL” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Roberto_Arison_TA_FINAL(19021054)-1-14.pdf
Download (645kB)
Abstract
Creating 2D game assets as digital learning media is an innovative approach that integrates
interactive and visual elements in the educational process. This learning media is designed
to increase student involvement and motivation through an interesting and enjoyable
learning experience. 2D games allow the simulation of real situations, helping students
understand abstract concepts in a deeper and more contextual way. Additionally, this game
supports the development of skills such as problem solving, critical thinking, and teamwork.
With the flexibility of access via various devices, 2D game assets make learning easy anytime
and anywhere. Engaging in-game visualizations help clarify and illustrate material, while
the immediate feedback provided supports adaptive and personalized learning. Through ingame evaluation mechanisms, educators can measure and adjust teaching approaches
according to student needs. Thus, creating 2D game assets as digital learning media has the
potential to increase educational effectiveness, make the learning process more interactive,
ABSTRAK
Pembuatan aset game 2D sebagai media pembelajaran digital merupakan pendekatan
inovatif yang mengintegrasikan elemen interaktif dan visual dalam proses pendidikan.
Media pembelajaran ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa
melalui pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan. Game 2D memungkinkan
simulasi situasi nyata, membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak secara lebih
mendalam dan kontekstual. Selain itu, game ini mendukung pengembangan keterampilan
seperti pemecahan masalah, berpikir kritis, dan kerja sama tim. Dengan fleksibilitas akses
melalui berbagai perangkat, aset game 2D memberikan kemudahan dalam pembelajaran
kapan saja dan di mana saja. Visualisasi yang menarik dalam game membantu
memperjelas dan mengilustrasikan materi, sementara umpan balik langsung yang
diberikan mendukung pembelajaran adaptif dan personal. Melalui mekanisme evaluasi
dalam game, pendidik dapat mengukur dan menyesuaikan pendekatan pengajaran sesuai
kebutuhan siswa. Dengan demikian, pembuatan aset game 2D sebagai media pembelajaran
digital berpotensi meningkatkan efektivitas pendidikan, membuat proses belajar lebih
interaktif, dan mendukung pengembangan keterampilan penting pada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Nofiandri Setyasmara, ST,.M.AK.,MT., Selaku Pembimbing I 2. Ilham Khalid Setiawan., S.T., Selaku Pembimbing II |
Uncontrolled Keywords: | Game 2D, Asset, Belajar, Siswa, GDLC, Game 2D, Asset, Learning, Student |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 03:07 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 03:07 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/56 |