PERANCANGAN MOTION GRAPHIC “APA ITU KETERGANTUNGAN GAWAI?” SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAHAYA KETERGANTUNGAN GAWAI DI TKIT DARUSSALAM BEKASI

AULIA BUDIKUSUMA RAHMA, RAHMA (2024) PERANCANGAN MOTION GRAPHIC “APA ITU KETERGANTUNGAN GAWAI?” SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAHAYA KETERGANTUNGAN GAWAI DI TKIT DARUSSALAM BEKASI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN MOTION GRAPHIC “APA ITU KETERGANTUNGAN GAWAI?” SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAHAYA KETERGANTUNGAN GAWAI DI TKIT DARUSSALAM BEKASI] Text (PERANCANGAN MOTION GRAPHIC “APA ITU KETERGANTUNGAN GAWAI?” SEBAGAI MEDIA INFORMASI BAHAYA KETERGANTUNGAN GAWAI DI TKIT DARUSSALAM BEKASI)
TA2024_D_21_RAHMA AULIA BUIKUSUMA_NASKAH LAPORAN TUGAS AKHIR-1-15.pdf

Download (954kB)

Abstract

The advancement of technology in this era has led to new combinations, especially
the use of electronic goods such as gadgets. Gadgets are widely used by all people
of all ages, one of which is young children. Unwise use of gadgets can lead to
gadget dependence. Therefore, the author created a work that aims to provide
information to increase knowledge about gadget addiction. The method of making
this work is done by literature study through journals, observation, and interviews
with early childhood, parents and psychologists. The project created by the author
will be in the form of a video in which there is an understanding of what gadgets
are, types of gadgets, what is gadget addiction in young children, the impact of
gadget addiction, how to prevent and overcome if young children experience gadget
addiction. The conclusion of this work is that this video contains a lot of knowledge,
so it is very useful to add insight, serve as a companion to knowledge that is easy
to be understood by all ages with the presence of motion graphics and sound.
Kemajuan teknologi di era ini telah memunculkan kombinasi baru, khususnya
penggunaan barang-barang elektronik seperti gawai. Gawai ramai digunakan oleh
semua orang dengan segala usia, salah satunya adalah anak usia dini. Penggunaan
gawai secara tidak bijak dapat menimbulkan ketergantungan gawai. Oleh karena
itu, penulis membuat karya yang bertujuan untuk memberikan informasi guna
menambah pengetahuan tentang ketergantungan gawai. Metode pembuatan karya
ini dilakukan dengan studi pustaka melalui jurnal, observasi, dan wawancara
dengan anak usia dini, orang tua dan psikolog. Karya yang diciptakan oleh penulis
akan berbentuk video yang didalamnya terdapat pengertian tentang apa itu gawai,
jenis-jenis gawai, apa itu ketergantungan gawai pada anak usia dini, dampak
ketergantungan gawai, cara mencegah dan mengatasi apabila anak usia dini
mengalami ketergantungan gawai. Kesimpulan dari karya ini adalah video ini
mengandung banyak ilmu, sehingga sangat bermanfaat untuk menambah wawasan,
dijadikan sebagai pendamping ilmu yang mudah dipahami oleh semua kalangan
usia dengan adanya grafis bergerak dan suara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Ratih Widowati, S.H., M.H., selaku pembimbing I Budi Utomo, M.I.Kom., selaku pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Keywords: Video, Motion Graphic, Electronic, Gadget Kata kunci: Video, Grafik Bergerak, Elektronik, Gawai
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 12 Feb 2025 03:05
Last Modified: 12 Feb 2025 03:05
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item
View Item