Muhtar, Ahmad Zulfikar Umar (2024) PENGEMBANGAN GAME 3D “WALK WITH US” DENGAN IMPLEMENTASI PILIHAN SKILL PADA PLAYER BERBASIS DESKTOP (GAME PROGRAMER). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGEMBANGAN GAME 3D “WALK WITH US” DENGAN IMPLEMENTASI PILIHAN SKILL PADA PLAYER BERBASIS DESKTOP (GAME PROGRAMER) [thumbnail of PENGEMBANGAN GAME 3D “WALK WITH US” DENGAN IMPLEMENTASI PILIHAN SKILL PADA PLAYER BERBASIS DESKTOP (GAME PROGRAMER)]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Laporan TA Ahmad Zulfikar 20210005-1-11.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
Game “Walk With Us”dikembangkan sebagai media pembelajaran yang menarik,
mudah diakses, dan edukatif. Tidak hanya mengedukasi, game ini ditambahkan
fitur-fitur yang beragam agar permainan tidak cenderung monoton yang dimana
salah satunya adalah fitur pemilihan skill. Mengembangkan fitur skill sangat sulit
dalam pemeliharaan dan strukturisasi data. Hal ini menyebabkan anggota lain sulit
untuk membaca dan mengelola data skill. Tujuan dari game ini adalah
mengembangkan dan mengimplementasikan Skill Pada Game “Walk With Us”
Secara Efisien dan Efektif. Metode yang digunakan adalah GDLC (Game
Development Life Cycle). Hasil dari penulisan ini adalah sebuah game yang berhasil
dikembangkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat usia 7 tahun keatas
agar masyarakat memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, dari
penulisan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan ScriptableObject memberikan
pendekatan yang efisien dan fleksibel untuk mengelola data. Penggunaan
ScriptableObject memungkinkan pengembang untuk membuat, menyimpan, dan
mengelola data dalam bentuk aset yang dapat digunakan kembali tanpa harus
membuat instance dari objek dalam game.
The game "Walk With Us" is developed as an engaging, accessible, and educational
learning tool. In addition to its educational content, the game includes various
features to prevent monotony, one of which is the skill selection feature. Developing
these skill features proves challenging in terms of data maintenance and structuring.
This complexity makes it difficult for team members to read and manage skill data
effectively. The goal of the game is to efficiently and effectively develop and
implement skills within "Walk With Us" using the Game Development Life Cycle
(GDLC). The result of this effort is a game successfully designed to educate
individuals aged 7 and above about environmental cleanliness awareness. From
this writing, it can be concluded that the use of ScriptableObjects provides an
efficient and flexible approach to managing data. ScriptableObjects allow
developers to create, store, and manage data as reusable assets without needing to
instantiate objects within the game.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dosen pembimbing 1 : Muhammad Sakir, S.Pd., M.T. ; 2. Dosen pembimbing 2 : Yuyun Khairunisa, M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Game, Skill, ScriptableObject, OOP |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 07:37 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 07:37 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/572 |