Abdillah Ibnu, Ibnu (2024) PERANCANGAN PROFILE BOOK LABEL “13 NADI MUSIK” SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN PROFILE BOOK LABEL “13 NADI MUSIK” SEBAGAI MEDIA PROMOSI [thumbnail of PERANCANGAN PROFILE BOOK LABEL “13 NADI MUSIK” SEBAGAI MEDIA PROMOSI]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TA2024_C_14_IBNU ABDILLAH_Laporan-1-12.pdf
Download (867kB)
Abstract
The music industry encompasses various activities that generate income, such as
songwriting and record production. Throughout its development, the industry has
undergone significant transformations since the invention of the phonograph by
Thomas Edison in 1877 to the current era of online music platforms. However, many
music enthusiasts today are more attracted to foreign labels with trendy and
appealing company profiles. Meanwhile, local labels like '13 Nadi Musik,' located
in Bogor, West Java, are less well-known despite having various subsidiaries and
supporting talented artists. One reason for the lack of public attention is the scarcity
of engaging media to introduce and promote the label. To address this issue, the
author designed a profile book for the '13 Nadi Musik' label as an effective
information and promotional medium. In addition to introducing the label and the
artists under its umbrella, the '13 Nadi Musik' profile book serves as a learning
reference and a medium of expression for readers, especially musicians who are
just starting out. The design of this profile book will be adapted to music genres and
trends that can appeal to music lovers, thereby enhancing the quality of the '13 Nadi
Musik' label
Industri musik mencakup berbagai aktivitas yang menghasilkan pendapatan, seperti
penulisan lagu dan produksi rekaman. Dalam perkembangannya, industri ini
mengalami transformasi signifikan sejak penemuan phonograph oleh Thomas
Edison pada tahun 1877 hingga era platform musik online saat ini. Namun, banyak
pecinta musik saat ini lebih tertarik pada label luar negeri yang memiliki profil
perusahaan yang trendi dan menarik. Sementara itu, label lokal seperti '13 Nadi
Musik' yang terletak di Bogor, Jawa Barat, kurang dikenal meskipun memiliki
berbagai anak perusahaan dan menaungi artis-artis berbakat. Salah satu penyebab
kurangnya perhatian masyarakat karena minimnya media informasi yang menarik
untuk memperkenalkan dan mempromosikan label tersebut. Untuk mengatasi
masalah ini, penulis merancang buku profil label '13 Nadi Musik' sebagai media
informasi dan promosi yang efektif. Selain memperkenalkan label dan artis-artis
yang dinaungi, buku profil 13 Nadi Musik menyajikan media sebagai referensi
pembelajaran dan wadah ekspresi bagi para pembaca, terutama kepada musisi yang
baru mulai berkarya. Desain buku profil ini akan disesuaikan dengan genre dan tren
musik yang dapat diterima oleh pecinta musik, sehingga dapat meningkatkan
kualitas label '13 Nadi Musik'.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Andriyana, S.Pd.,M.Pd Selaku Pembimbing II Drs. Hari Purnomo,M.Sn. Selaku Pembingbing II |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Music, Record, Label, Promotion, Media. Kata kunci: Musik, Label, Rekaman, Media, Promosi. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 04:11 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 04:11 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/604 |