PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF: MATCH FRAME UNTUK ANAK TK “PETUALANGAN EKA BUANA”

NAUFAL SYAUQI SADDAM, SADDAM (2024) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF: MATCH FRAME UNTUK ANAK TK “PETUALANGAN EKA BUANA”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF: MATCH FRAME UNTUK ANAK TK “PETUALANGAN EKA BUANA”] Text (PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF: MATCH FRAME UNTUK ANAK TK “PETUALANGAN EKA BUANA”)
TA2024_A_23_SADDAM NAUFAL SYAUQI_laporan-1-14 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Hebatnya teknologi membawa aspek kehidupan manusia menjadi lebih
efisien terutama aspek hiburan melalui video games, tetapi hal ini membawa
permasalahan baru pada anak-anak. Terbukti anak-anak lebih tidak
terkontrol dalam penggunaan ponsel dan video games, dan ditambah dengan
kurangnya keteratarikan anak-anak dalam membaca. Hal inilah yang juga
dikemukakan oleh para guru dan kepala sekolah di TK Eka Buana bahwa
mereka mencoba menghadapi permasalahan ini dengan memberikan
rekreasi alternatif hiburan, tetapi perubahan signifikan tidak terjadi pada
kegiatan membaca mereka lebih memilih bermain atau membahas video
games, melalui hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh penulis
menciptakan Buku Interaktif Match Frame “Petualangan Eka Buana” yang
dirancang dengan sistem baru dan fresh guna anak-anak TK Eka Buana dan
anak TK lainnya. Tujuan dan manfaatnya seperti mengajak anak-anak
kegiatan membaca buku dengan membantu jalannya cerita dengan kuis-kuis
edukatif yang dikemas untuk melatih fokus dan daya berpikir anak. Melalui
laporan perancangan buku ini diharapkan buku interaktif ini dapat menjadi
salah satu langkah membantu anak-anak menemukan keseruan dalam
membaca buku di dunia yang serba teknologi dan video games.
Kata Kunci: Hiburan, Buku Interaktif Anak-anak, Taman Kanak
It's great that technology makes aspects of human life more efficient,
especially entertainment through video games, but this brings new problems
for children. It has been proven that children are more uncontrolled in their
use of cellphones and video games, and this is compounded by children's
lack of interest in reading. This is what was also stated by the teachers and
principal at Eka Buana Kindergarten that they tried to deal with this problem
by providing alternative recreational entertainment, but significant changes
did not occur in their reading activities, they preferred to play or discuss
video games, through the results of observations and interviews. The author
created the Match Frame Interactive Book "Eka Buana Adventure" which
was designed with a new and fresh system for Eka Buana Kindergarten
children and other Kindergarten children. With aims and benefits such as
inviting children to read books by helping them play stories with educational
quizzes packaged to train children's focus and thinking power. Through this
book design report, it is hoped that this interactive book can be one step in
helping children find the excitement of reading books in a world full of
technology and video games.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Yuda Syah Putra, M. Sn. Selaku dosen pembimbing I Andriyana, S.Pd., M.Pd Selaku dosen pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hiburan, Buku Interaktif Anak-anak, Taman Kanak. Keywords: Entertainment, Interactive Children's Books, Kindergarten.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Desain Grafis
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 11 Mar 2025 04:22
Last Modified: 11 Mar 2025 04:22
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item
View Item