RATNA SARY, INDRY SALMA (2024) PERANCANGAN APLIKASI “MOCHI 26S” SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN APLIKASI “MOCHI 26S” SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY [thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI “MOCHI 26S” SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Mochi26S.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
This research designs the "Mochi 26S" application as a promotional medium using
augmented reality technology to increase the attractiveness of the Mochi 26S
product. The main problem faced is the lack of innovation in promotions which
makes it difficult for products to compete in an increasingly competitive market.
The solution offered is to implement Augmented Reality in the application and allow
users to view 3D objects and product information interactively. The results of the
discussion show that this application has succeeded in increasing consumer interest
and involvement, as well as providing new experiences in promoting food products.
The method used in making this application is the Multimedia Development Life
Cycle (MDLC) for application design and using the AIDA method for promotional
strategies. Testing on this application uses black box testing and questionnaires to
target Mochi 26S consumers. The results of compatibility testing on four different
types of Android show that this Augmented Reality application runs well so it is
proven that it can be used well. Testing the questionnaire which had been filled in
by 23 respondents gave a score of 95.4%. It can be concluded that this Augmented
Reality application has proven effective in increasing sales and providing
information media services.
Penelitian ini merancang aplikasi "Mochi 26S" sebagai media promosi
menggunakan teknologi Augmented Reality untuk meningkatkan daya tarik produk
Mochi 26S. Permasalahan utama yang dihadapi adalah kurangnya inovasi dalam
promosi yang membuat produk sulit bersaing di pasar yang semakin kompetitif.
Solusi yang ditawarkan adalah menerapkan Augmented Reality dalam aplikasi dan
memungkinkan pengguna untuk melihat objek 3D dan informasi produk secara
interaktif. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil
meningkatkan minat dan keterlibatan konsumen, serta memberikan pengalaman
baru dalam promosi produk makanan. Metode yang digunakan dalam pembuatan
aplikasi ini yaitu Multimedia Davelopment Life Cycle (MDLC) untuk perancangan
aplikasi serta menggunakan metode AIDA untuk strategi promosi. Pengujian pada
aplikasi ini menggunakan pengujian black box dan kuesioner kepada target
konsumen Mochi 26S. Hasil pengujian kompabilitas pada empat tipe android yang
berbeda menunjukan bahwa aplikasi Augmented Reality ini berjalan dengan baik
sehingga terbukti dapat digunakan dengan baik. Pengujian kuesioner yang telah
diisi oleh 23 responden memberikan nilai 95,4%. Dapat disimpulkan bahwa
aplikasi Augmented Reality ini terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan dan
memberikan layanan media informasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Sari Setyaning Tyas, S.Kom., M.TI. ; 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M. |
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Promotional Media, Media Promosi, MDLC |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 02:15 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 02:15 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/658 |