Fadillah, Prapanca Putra Wiby (2024) KONSISTENSI VISUAL 2D PADA GAME “FLOODSCAPE : PETUALANGAN MITIGASI BANJIR” BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN GRAFIS JENIS VEKTOR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![KONSISTENSI VISUAL 2D PADA GAME “FLOODSCAPE : PETUALANGAN MITIGASI BANJIR” BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN GRAFIS JENIS VEKTOR [thumbnail of KONSISTENSI VISUAL 2D PADA GAME “FLOODSCAPE : PETUALANGAN MITIGASI BANJIR” BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN GRAFIS JENIS VEKTOR]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FIX_Laporan TA_Prapanca Putra_20210068-1-14.pdf
Download (902kB)
Abstract
Game "Floodscape: Petualangan Mitigasi Banjir" adalah sebuah proyek game yang
menggunakan jenis grafis vektor dengan gaya kartun dan teknik Digital Painting dalam
pembuatan aset visual 2D. Tujuan utama proyek ini adalah untuk meningkatkan minat
belajar anak-anak remaja mengenai mitigasi banjir di daerah perkotaan Jakarta melalui
media game yang menarik dan edukatif. Dengan menggunakan pendekatan dan metode
produksi Design Thinking, penelitian ini berfokus pada pengembangan lingkungan,
environment visual pendukung, dan karakter yang mendukung narasi serta gameplay. Aset
visual 2D yang dihasilkan diharapkan tidak hanya menarik secara estetika tetapi juga
konsisten dan variatif dalam fungsinya, sehingga dapat meningkatkan pengalaman bermain
sekaligus pembelajaran mitigasi banjir bagi pemain. Pada akhir penelitian ini penulis telah
berhasil merancang dan mengimplementasikan visual 2d menggunakan teknik digital
painting sehingga tercipta konsistensi visual dengan nilai hasil pengujian rata rata sebesar
85,70% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.
The game "Floodscape: Flood Mitigation Adventure" is a game project that uses vector
graphics in cartoon style and Digital Painting techniques in the creation of 2D visual
assets. The main goal of this project is to increase the interest of teenagers in learning
about flood mitigation in urban areas of Jakarta through interesting and educational game
media. Using the Design Thinking approach and production method, this research focuses
on the development of environments, supporting visual environments, and characters that
support the narrative and gameplay. The resulting 2D visual assets are expected to be not
only aesthetically appealing but also consistent and varied in their functionality, so that
they can improve the gaming experience as well as flood mitigation learning for players.
At the end of this study, the author has successfully designed and implemented 2d visuals
using digital painting techniques so that visual consistency is created with an average test
result value of 85.70% which is included in the "Very Good" category.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Ibu Prilly Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom. 2. Ibu Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Mitigasi Banjir, Vektor, Visual 2D, Digital Painting, Desain Thinking, Konsistensi, Flood Mitigation, Vector, Visual 2D, Digital Painting, Design Thinking, Consistency. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 03:41 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 03:41 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/66 |