PENGEMBANGAN GAME PENGENALAN TENSES BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Anggraeni, Jovita (2024) PENGEMBANGAN GAME PENGENALAN TENSES BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN GAME PENGENALAN TENSES BAHASA INGGRIS  SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID] Text (PENGEMBANGAN GAME PENGENALAN TENSES BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID)
TUGAS AKHIR JOVITA ANGGRAENI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (906kB)

Abstract

This research aims to address the challenges in learning English tenses in
elementary school students through the development of an Android-based
educational game. The primary issues identified include students' difficulties in
understanding tense concepts and monotonous teaching methods. Therefore, this
research proposes the integration of a Software Development Kit (SDK) for
storytelling games, word puzzle games, and memory games into an educational
game called "Tenses Quest." The development method used is the Multimedia
Development Life Cycle (MDLC), which includes stages of concept, design,
development, and implementation. The results of the study show that the "Tenses
Quest" educational game is effective in enhancing students' understanding and
interest in learning English tenses, with an application feasibility rate of 88.22%.
This application provides an interactive and enjoyable learning experience, making
it an effective teaching aid for teachers in teaching tenses. It is hoped that this
application can be further developed with additional features and content and can
be run on various platforms.

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kendala dalam pembelajaran tenses bahasa
Inggris di Sekolah Dasar melalui pengembangan sebuah game edukasi berbasis
Android. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah kesulitan murid dalam
memahami konsep tenses dan metode pembelajaran yang monoton. Oleh karena
itu, penelitian ini mengusulkan integrasi Software Development Kit (SDK) untuk
storytelling games, word puzzle games, dan memory games dalam game edukasi
yang dinamakan "Tenses Quest". Metode pengembangan yang digunakan adalah
Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang mencakup tahap konsep,
desain, pengembangan, hingga implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
game edukasi "Tenses Quest" efektif dalam meningkatkan pemahaman dan minat
belajar murid terhadap tenses bahasa Inggris, dengan tingkat kelayakan aplikasi
sebesar 88,22%. Aplikasi ini menyediakan pengalaman belajar yang interaktif dan
menyenangkan, sehingga dapat menjadi alat bantu yang efektif bagi guru dalam
mengajar tenses. Diharapkan aplikasi ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan
tambahan fitur dan konten baru serta dapat dijalankan pada berbagai platform.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nofiandri Setyasmara, M.T. ; 2. Hafid Setyo Hadi, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Tenses Learning, Educational Game, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), SDK, Android, Pembelajaran Tenses, Game Edukasi, SDK
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 17 Mar 2025 02:58
Last Modified: 17 Mar 2025 02:58
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/662

Actions (login required)

View Item
View Item