FANIS, AHMADI FATAHILLAH (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI KESEHATAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SIMULASI PEMBELAJARAN MEDIS INTERAKTIF. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PENGEMBANGAN APLIKASI KESEHATAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SIMULASI PEMBELAJARAN MEDIS INTERAKTIF [thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI KESEHATAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SIMULASI PEMBELAJARAN MEDIS INTERAKTIF]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tugas Akhir_Ahmadi Fatahillah Fanis_20240012 REVISI FINAL FIX BGT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
The development of a health application based on Augmented Reality (AR)
represents an innovative approach to addressing the current limitations of health
education applications, specifically stemming from the underutilization of
technology in learning about the human skeletal system. Therefore, an AR-based
health application is highly appropriate for overcoming the lack of advanced
technology in interactive medical learning. This research developed an AR
application for studying the human skeletal system, utilizing the Unity platform and
Vuforia to integrate virtual objects into the real environment. Trial results have
shown a significant improvement in user understanding and satisfaction with the
presented material. In conclusion, this application has the potential to be an
effective medical learning tool, with recommendations for further development to
expand the educational content and enhance accessibility on devices.
Pengembangan Aplikasi Kesehatan berbasis Augmented Reality merupakan
langkah inovatif untuk memperbaiki keterbatasan aplikasi pembelajaran kesehatan
saat ini. Hal ini didasari dari kurangnya penggunaan teknologi untuk pembelajaran
Kerangka tubuh manusia. Oleh karena itu aplikasi kesehatan berbasis Augmented
Reality sangat tepat dalam mengatasi kurangnya penggunaan teknologi canggih
untuk pembelajaran medis interaktif. Penelitian ini mengembangkan aplikasi
Augmented Reality untuk pembelajaran kerangka tubuh manusia, menggunakan
platform Unity dan Vuforia guna mengintegrasikan objek maya dalam lingkungan
nyata. Hasil uji coba menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman
pengguna dan kepuasan terhadap materi yang disajikan. Kesimpulannya, aplikasi
ini berpotensi sebagai alat pembelajaran medis yang efektif, dengan rekomendasi
untuk pengembangan lebih lanjut guna memperluas materi dan meningkatkan
aksesibilitas pada perangkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Sari Setyaning Tyas, M.TI. ; 2. Herly Nurrahmi, M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Applications, Health, Human Skeletal System, Augmented Reality, aplikasi, Kesehatan, Kerangka Tubuh |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 03:00 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 03:00 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/663 |