PERANCANGAN “MIE JEBEW BOX” SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY MARKER BASED TRACKING DENGAN METODE WATERFALL

ANGGISTA, DEWI (2024) PERANCANGAN “MIE JEBEW BOX” SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY MARKER BASED TRACKING DENGAN METODE WATERFALL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN “MIE JEBEW BOX” SEBAGAI MEDIA  PROMOSI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY MARKER  BASED TRACKING DENGAN METODE WATERFALL] Text (PERANCANGAN “MIE JEBEW BOX” SEBAGAI MEDIA PROMOSI MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY MARKER BASED TRACKING DENGAN METODE WATERFALL)
Dewi Anggista_20240042_Final Tugas Akhir Mie Jebew Box Update.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (971kB)

Abstract

In this era of ever-growing modern technological advances, it is very important
for MSMEs to utilize technology as a promotional medium. Mie Jebew Box
MSMEs still do not use interactive and interesting promotional media. To
overcome this, the Android-based Augmented Reality (AR) application "Mie
Jebew Box App" is designed to increase sales figures and user engagement. The
AR approach on the Android platform was chosen because it covers a wider
market. This research uses the waterfall method which includes five stages:
Analysis, Design, Implementation, Testing, and Maintenance. Application testing
was carried out through alpha blackbox testing and beta testing with
questionnaires involving Mie Jebew Box buyers as research subjects. The test
results show that this application is very suitable for use as promotional media
with a score of 95.6%. This application has the potential to increase sales and
brand awareness of Mie Jebew Box. Thus, this AR application is an effective
solution for innovative and attractive MSME promotional media, supporting
modern marketing strategies according to current technology trends.

Dalam era kemajuan teknologi modern yang terus berkembang, sangat penting
bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi sebagai media promosi.
UMKM Mie Jebew Box masih kurang menggunakan media promosi yang
interaktif dan menarik. Untuk mengatasi hal ini, aplikasi Augmented Reality (AR)
"Mie Jebew Box App" berbasis android dirancang guna meningkatkan angka
penjualan dan engagement pengguna. Pendekatan AR pada platform Android
dipilih karena mencakup pasar yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan
metode waterfall yang meliputi lima tahapan: Analisis, Desain, Implementasi,
Pengujian, dan Pemeliharaan. Pengujian aplikasi dilakukan melalui alpha
blackbox testing dan beta testing dengan kuisioner yang melibatkan pembeli Mie
Jebew Box sebagai subjek penelitian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
aplikasi ini sangat layak digunakan sebagai media promosi dengan skor 95,6%.
Aplikasi ini berpotensi meningkatkan penjualan dan kesadaran merek Mie Jebew
Box. Dengan demikian, aplikasi AR ini merupakan solusi efektif untuk media
promosi UMKM yang inovatif dan menarik, mendukung strategi pemasaran
modern sesuai tren teknologi saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom. ; 2. Hafid Setyo Hadi, MT.
Uncontrolled Keywords: Waterfall, MSMEs, Promotional Media, Increase Sales, Jebew Noodle Box, Augmented Reality, Waterfall, UMKM, Media Promosi, Meningkatkan Penjualan, Mie Jebew Box.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 17 Mar 2025 03:10
Last Modified: 17 Mar 2025 03:10
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/669

Actions (login required)

View Item
View Item