Rahman, Muhammad Ghiffarul (2024) PERANCANGAN GAME KUIS 2D MENKLASIFIKAN HEWAN BERDASARKAN KATEGORI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN GAME KUIS 2D MENKLASIFIKAN HEWAN BERDASARKAN KATEGORI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL [thumbnail of PERANCANGAN GAME KUIS 2D MENKLASIFIKAN HEWAN BERDASARKAN KATEGORI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAPORAN TUGAS AKHIR-1-14.pdf
Download (848kB)
Abstract
Animal classification is one of the learning materials in science books in elementary
schools, especially grade 3, but there are still many elementary schoolchildren who
don't know much about the types of animals and animal classification. In science
learning, animals are divided into groups based on their similarities and
differences so that their characteristics are easier to understand. The game comes
from the English word which means Game. As the author, I designed the 2D quiz
Game "Find Animal" which aims to be an educational Game for grade 3 elementary
school children and to be an interesting learning medium to help children's learning
process. The Game development method the author uses is the GDLC (Game
Development Life Cycle) method, which is divided into six stages: Initiation, Preproduction, Production, Testing, Beta, and Release. Based on testing and giving
questionnaires to 10 respondents, it was found that the overall results of each
respondent regarding the research objectives were assessing the Game as feasible
the Game concept was easy to understand, the questions were easy to understand,
and the Game design was interesting.
Klasifikasi hewan merupakan salah satu materi pembelajaran dalam buku IPA
disekolah dasar khususnya kelas 3, tetapi masih banyak dari anak anak sekolah
dasar yang kurang mengetahui tentang jenis – jenis hewan dan klasifikasi hewan.
Dalam pembelajaran IPA hewan dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan
persamaan dan perbedaannya agar lebih mudah diketahui ciri-cirinya. Game
berasal dari kata bahasa inggris yang artinya permainan. Saya sebagai penulis
merancang Game kuis 2D “Find Animal” yang bertujuan sebagai salah satu Game
edukasi untuk anak sekolah dasar kelas 3 serta menjadi salah satu media
pembelajaran yang menarik guna membantu proses pembelajaran anak - anak.
Metode pengembangan Game yang digunakan oleh penulis merupakan metode
GDLC (Game Development Life Cycle), yang terbagi menjadi enam tahapan:
Inisiasi, Pra-produksi, Produksi, Pengujian, Beta, Rilis. Berdasarkan pengujian dan
memberikan kuisioner kepada 10 responden, ditemukan hasil keseluruhan dari
setiap responden terhadap tujuan penelitian menilai Game layak dan konsep
permain yang mudah dimengerti, soal yang mudah dipahami, serta desain Game
yang menarik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Muh. Sakir, S.Pd., M.T selaku Pembimbing I; 2. Dea Eka Asgawanti., S.S., M.Pd., Selaku Pembimbing II. |
Uncontrolled Keywords: | Game2D, Classification, Animal, Learning, GDLC, Klasifikasi, Hewan, Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas 700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital) |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 04:12 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 04:12 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/67 |