PERANCANGAN “AKSA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY

DZAKY HABIBY, GHUFRON (2024) PERANCANGAN “AKSA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN “AKSA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN  MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY] Text (PERANCANGAN “AKSA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY)
TA_GhufronDzaky_20240137 HC 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (639kB)

Abstract

The digital era and globalization have had a big impact on education, including learning
Natural Sciences (Science). Incorporating technology into learning can increase students'
interest and motivation in learning. One interesting technology is Virtual Reality media. This
research aims to develop a Virtual Reality application called AKSA to improve the learning
understanding of class VII students at MTs Negeri 4 Jakarta in science subjects, especially
solar system material. The AKSA application will allow students to explore the solar system
interactively so that they can more easily understand the lesson material. The Aksa
application development method uses the Multimedia Development Life Cycle (MDLC)
model which has received positive response from students and teachers. This application is
effective in increasing knowledge and increasing interest in learning among students.

Era digital dan globalisasi membawa dampak besar pada pendidikan, termasuk pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Memasukkan teknologi ke dalam pembelajaran dapat
meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Salah satu teknologi yang menarik
adalah media Virtual Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Virtual
Reality bernama AKSA untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas VII MTs Negeri
4 Jakarta pada mata pelajaran IPA, khususnya materi tata surya. Aplikasi AKSA akan
memungkinkan siswa menjelajahi tata surya secara interaktif sehingga mereka dapat lebih
mudah memahami materi pelajaran. Metode pengembangan aplikasi Aksa menggunakan
model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mendapatkan respot positif dari
siswa serta guru. Aplikasi ini efektif meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan minat
belajar dikalangan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sari Setyaning Tyas, M. TI. ; 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M.
Uncontrolled Keywords: Education, Natural Sciences, Solar System, Learning Understanding, Multimedia Development Life Cycle, Virtual Reality, Pendidikan, Ilmu Pengetahuan Alam, Tata Surya, Pemahaman Belajar
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 17 Mar 2025 03:34
Last Modified: 17 Mar 2025 03:34
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item
View Item