QIADI, MUHAMMAD FAIZ (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK ANAK-ANAK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK ANAK-ANAK [thumbnail of PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK ANAK-ANAK]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tugas Akhir Game Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya (FAIZ) FIX (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (337kB)
Abstract
Advancements in information technology have driven innovation in education,
including educational games. This research designs an educational game for 5th
grade students at SDN Utan Kayu Selatan 18, introducing animal classification
based on their diets. The qualitative research methods used include interviews,
questionnaires, observations, and literature studies. The game development follows
the Game Development Life Cycle (GDLC), which consists of six stages: initiation,
pre-production, production, testing, beta, and release. The results show that the
program enhances students' learning interest with a satisfaction rate of 88.40%.
The game is interactive, user-friendly, and the content is easy to understand.
Recommendations include iOS support, a demo video, simplified content, and a time
management feature for quizzes and puzzles.
Perkembangan teknologi informasi mendorong inovasi dalam bidang pendidikan,
termasuk game edukasi. Penelitian ini merancang sebuah game edukasi untuk siswa
kelas 5 SDN Utan Kayu Selatan 18 yang memperkenalkan pengelompokan hewan
menurut jenis makanannya. Metode penelitian kualitatif yang digunakan antara lain
wawancara, kuesioner, observasi dan studi literatur. Pengembangan game
menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari 6 tahapan
yaitu inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, beta, rilis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa program meningkatkan minat belajar siswa dengan kepuasan
sebesar 88.40%. Permainan ini bersifat interaktif, mudah digunakan dan materinya
mudah dipahami. Dukungan iOS, video demo, penyederhanaan materi, dan fitur
pengaturan waktu direkomendasikan untuk kuis dan teka-teki.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Herly Nurahmi, M.Kom. ; 2. Dwi Mandasari Rahayu, MM. |
Uncontrolled Keywords: | educational game, animal classification, game edukasi, pengenalan hewan, GDLC |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:43 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 04:43 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/689 |