ANASTA, PIERLUIGI (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID MENGENAI KONSEP PENGUKURAN PADA BENDA DI SEKITAR KITA UNTUK SDN 03 LENTENG AGUNG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PERANCANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID MENGENAI KONSEP PENGUKURAN PADA BENDA DI SEKITAR KITA UNTUK SDN 03 LENTENG AGUNG [thumbnail of PERANCANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID MENGENAI KONSEP PENGUKURAN PADA BENDA DI SEKITAR KITA UNTUK SDN 03 LENTENG AGUNG]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PIerluigi Anasta_20240106 (Laporan TA).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (745kB)
Abstract
The goal that the author wants to achieve from making this educational game is to
be able to design and create an educational game application for the concept of
measuring objects based on android. With this application, children can get to
know a lot about the concept of measuring objects. The research method used in
this research is the Game Development Life Cycle (GDLC) method by using
qualitative methods the author will collect data in the form of user needs, problem
identification, and development of conceptual models for applications. From the
testing that the author has done, it shows a positive result with an average score of
88%. Thus, this test is designed to collect information on various aspects of
learning, including the effectiveness of the material, the ease of use of the
application, as well as students' responses and enthusiasm for the learning methods
used. This educational game can be used to introduce the concept of measuring
objects around us to students of SDN 03 Lenteng Agung.
Tujuan yang ingin dicapai penulis dari pembuatan game edukasi ini adalah untuk
dapat merancang dan membuat aplikasi game edukasi konsep pengukuran benda
berbasis android. Dengan adanya aplikasi tersebut, anak-anak dapat mengenal
banyak mengenai konsep pengukuran benda. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan
menggunakan metode kualitatif penulis akan mengumpulkan data berupa
kebutuhan pengguna, identifikasi masalah, dan pengembangan model konseptual
untuk aplikasi. Dari pengujian yang telah penulis lakukan maka menunjukkan
sebuah hasil yang positif dengan skor rata-rata 88%. Dengan demikian, pengujian
ini dirancang untuk mengumpulkan informasi berbagai aspek pembelajaran, antara
lain keefektifan materi, kemudahan penggunaan aplikasi, serta tanggapan dan
antusiasme siswa terhadap metode pembelajaran yang digunakan. Game edukasi
ini dapat digunakan untuk memperkenalkan materi konsep pengukuran benda di
sekitar kita kepada siswa SDN 03 Lenteng Agung. Program ini menciptakan
pembelajaran aktif dan menyenangkan tentang konsep pengukuran benda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Herly Nurrahmi, S.Si, M.Kom . ; 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M. |
Uncontrolled Keywords: | primary school, educational game, concept of measuring objects, Game Development Life Cycle, learning aspects, sekolah dasar, game edukasi, konsep pengukuran benda, aspek pembelajaran |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 04:56 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 04:56 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/691 |