PERANCANGAN ASET DENGAN 2D ARTSTYLE CHIBI PADA GAME "HISTORY OF MATARAM ISLAM" DALAM PENGGAMBARAN TOKOH KARAKTER

Pashya, Daffa Ammar (2024) PERANCANGAN ASET DENGAN 2D ARTSTYLE CHIBI PADA GAME "HISTORY OF MATARAM ISLAM" DALAM PENGGAMBARAN TOKOH KARAKTER. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN ASET DENGAN 2D ARTSTYLE CHIBI PADA GAME "HISTORY OF MATARAM ISLAM" DALAM PENGGAMBARAN TOKOH KARAKTER] Text (PERANCANGAN ASET DENGAN 2D ARTSTYLE CHIBI PADA GAME "HISTORY OF MATARAM ISLAM" DALAM PENGGAMBARAN TOKOH KARAKTER)
20210014_Daffa Ammar Pashya_GT7A_Proposal Tugas Akhir revisi (lulus) 3.pdf

Download (1MB)

Abstract

With the advancement of technology, various alternatives are available for
acquiring knowledge, including in the field of education. However, the process of
learning history in schools is often considered static, conventional, and
monotonous. This creates a perception that history lessons are deemed boring,
leading to a lack of interest among students. This research is created in response
to such challenges by developing a turn-based RPG (Role Playing Game)
application with the theme of the history of the Mataram Islamic kingdom. The main
goal is to make history learning more interactive and enjoyable through the gaming
application. The focus of this thesis is to explore the impact of Art styles on videogames. This was done so that I could contribute something more to the digital media
industry regarding this topic, and show people unique data sets that may help guide
them in the right direction if they are looking for answers to questions they may
have about Art styles and their impact on the success of games.

Seiring dengan kemajuan teknologi, tersedia berbagai alternatif untuk memperoleh
pengetahuan, termasuk di bidang pendidikan. Namun, proses pembelajaran sejarah
di sekolah sering kali dianggap statis, konvensional, dan monoton. Hal ini
menyebabkan persepsi bahwa pelajaran sejarah, dianggap membosankan, dan
menciptakan kurangnya minat siswa. Penelitian ini dibuat sebagai respon terhadap
tantangan tersebut dengan mengembangkan aplikasi permainan berbasis turn-based
RPG (Role Playing Game) dengan tema sejarah kerajaan Mataram Islam. Tujuan
utamanya adalah membuat pembelajaran sejarah lebih interaktif dan
menyenangkan lewat aplikasi permainan. Fokus dari tesis ini adalah untuk
mengeksplorasi dampak Art style pada video-game. Hal ini dilakukan agar saya
dapat memberikan kontribusi lebih kepada industri media digital mengenai topik
ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Ibu Yuyun Khairunisa, M.Kom., Dosen Pembimbing 1 dan 2. Ibu Eka Desy Asgawanti, S.S., M.Pd Dosen Pembimbing 2
Uncontrolled Keywords: History of Mataram Islam, turn-based RPG, Art style, Sejarah kerajaan Mataram Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
700 - Seni dan Rekreasi > 770 Seni fotografi, komputer, film, video > 776 Seni komputer (seni digital)
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Permainan
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 12 Feb 2025 04:12
Last Modified: 12 Feb 2025 04:12
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/70

Actions (login required)

View Item
View Item