PERANCANGAN GAME EDUKASI PEDULI LINGKUNGAN SEBAGAI ALAT BANTU PENGAJAR RA ASHABUL KAHFI BERBASIS ANDROID

Yoko, Bayu Nur (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI PEDULI LINGKUNGAN SEBAGAI ALAT BANTU PENGAJAR RA ASHABUL KAHFI BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN GAME EDUKASI  PEDULI LINGKUNGAN  SEBAGAI ALAT BANTU PENGAJAR RA ASHABUL KAHFI   BERBASIS ANDROID] Text (PERANCANGAN GAME EDUKASI PEDULI LINGKUNGAN SEBAGAI ALAT BANTU PENGAJAR RA ASHABUL KAHFI BERBASIS ANDROID)
TA peduli ingkungan REVISI Final banget3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

The importance of character development from an early age cannot be overlooked
because, at ages 0-6, children's brain development is progressing rapidly. By
choosing appropriate learning media, interest and motivation to learn
enthusiastically can be cultivated in students. The purpose of this thesis is to create
a multimedia application, specifically designing an Android-based educational
game focused on environmental awareness, to serve as a learning aid at RA
Ashabul Kahfi. The goal is to enrich the teaching methods and enhance the
environmental awareness of RA Ashabul Kahfi students. This application is
designed using the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method and
developed on the Unity platform. It is hoped that this application will become an
alternative learning medium for RA Ashabul Kahfi, making lessons on
environmental awareness more engaging and enjoyable.

Pentingnya pembangunan karakter sejak usia dini, tidak bisa di abaikan karena pada
usia 0-6 tahun perkembangan otak anak sedang berlangsung cepat, dengan memilih
media pembelajaran yang sesuai dapat menarik minat dan memotivasi murid untuk
belajar dengan antusias. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat karya
aplikasi multimedia yaitu percancangan game edukasi peduli lingkungan berbasis
android sebagai alat bantu pembelajaran di RA Ashabul Kahfi, dengan tujuan
memperkaya metode pembelajaran dan meningkatkan kepedulian lingkungan
murid RA Ashabul Kahfi. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode MDLC
(Multimedia Development Life Cycle) dan dibuat menggunakan platform unity.
Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran
RA Ashabul Kahfi mengenai materi kepedulian lingkungan serta membuat
pembelajaran belajar lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Tri Fajar Yurmama Supiyanti,S.Komp M.T. ; 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M.
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Educational Game, Environmental Awareness, Android, Media pembelajaran, Game Edukasi, Peduli lingkungan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 20 Mar 2025 05:08
Last Modified: 20 Mar 2025 05:08
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/703

Actions (login required)

View Item
View Item