PERANCANGAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY MENGENAI DAMPAK POLUSI PLASTIK DI LAUT BERBASIS ANDROID

HANIFAH, ANANDA SOFIA (2024) PERANCANGAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY MENGENAI DAMPAK POLUSI PLASTIK DI LAUT BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY  MENGENAI DAMPAK POLUSI PLASTIK DI LAUT  BERBASIS ANDROID] Text (PERANCANGAN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY MENGENAI DAMPAK POLUSI PLASTIK DI LAUT BERBASIS ANDROID)
Laporan TA Ananda Sofia Hanifah (Final).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Plastic pollution in Indonesian seas has become a serious environmental problem,
threatening marine life and human health. To raise awareness of the consequences
of marine plastic pollution, this final project designs an interactive Android-based
Virtual Reality application. Agile methodology was applied in application
development, allowing adaptation and refinement based on feedback. Application
testing was conducted using blackbox methods, usability testing, and compatibility
testing. Research results show that the developed Virtual Reality application allows
users to explore plastic-polluted oceans and witness firsthand their impact on
marine life and humans. The application is equipped with interactive features that
allow users to interact with objects and obtain information about marine plastic
pollution. This research contributes to the development of innovative media to raise
awareness of plastic pollution. This Virtual Reality application has the potential to
be an effective tool in communicating the message of the dangers of marine plastic
pollution and driving behavior change in society.

Sampah plastik di laut Indonesia telah menjadi masalah lingkungan yang serius dan
mengancam kelangsungan hidup biota laut dan kesehatan manusia. Untuk
meningkatkan kesadaran tentang konsekuensi dari pencemaran plastik di laut, tugas
akhir ini merancang sebuah aplikasi Virtual Reality interaktif berbasis Android.
Metodologi Agile diterapkan dalam pengembangan aplikasi, memungkinkan
adaptasi dan penyempurnaan berdasarkan umpan balik. Pengujian aplikasi
dilakukan dengan metode blackbox, pengujian kegunaan, dan pengujian
kompatibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Virtual Reality yang
dikembangkan memungkinkan mereka untuk menjelajahi lautan yang tercemar
plastik dan menyaksikan secara langsung dampaknya terhadap biota laut dan
manusia. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur interaktif yang memungkinkan
pengguna untuk berinteraksi dengan objek dan mendapatkan informasi mengenai
polusi plastik laut. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan
media inovatif untuk meningkatkan kesadaran tentang polusi plastik. Aplikasi
Virtual Reality ini memiliki potensi untuk menjadi alat yang efektif dalam
mengkomunikasikan pesan tentang bahaya polusi plastik laut dan mendorong
perubahan perilaku masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sari Setyaning Tyas, M.Ti. ; 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M.
Uncontrolled Keywords: Plastic Pollution, Ocean, Marine Life, Human Health, Public Awareness , Virtual Reality, Android, Polusi Plastik, Laut, Biota Laut, Kesehatan Manusia, Kesadaran Masyarakat
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Divisions: Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Perpustakaan Polimedia
Date Deposited: 20 Mar 2025 05:16
Last Modified: 20 Mar 2025 05:16
URI: https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item
View Item