SAMASI, RARAY (2024) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN MATERIAL DALAM TABEL PERIODIK BAGI SISWA MAN 15 JAKARTA TIMUR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
![PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN MATERIAL DALAM TABEL PERIODIK BAGI SISWA MAN 15 JAKARTA TIMUR [thumbnail of PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN MATERIAL DALAM TABEL PERIODIK BAGI SISWA MAN 15 JAKARTA TIMUR]](https://repository.polimedia.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Raray Samasi_Laporan Tugas Akhir_20240113[123].pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
Abstract
This study aims to develop and evaluate the use of Augmented Reality (AR) applications as
interactive learning media in introducing materials in the periodic table to MAN 15 East
Jakarta students. The rapid development of information technology has produced a variety
of learning media that can help the educational process. However, many students have
difficulty in understanding abstract chemical concepts, especially periodic table material.
The research method used is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC), which
consists of six stages: concept, design, material collection, incorporation, experimentation,
and distribution. The AR application developed, named "ARchemy", presents 3D models
and audio explanations for each element in the periodic table, with the Android platform
version 8.0 (Oreo) or higher.The results showed that the ARchemy application obtained an
effectiveness value of 81.33%, which indicated that this application was feasible to use as
learning media. The implementation of AR in the introduction of periodic table material is
proven to help students understand chemical elements better and more interactively. The
conclusion of this research is that the ARchemy application was successfully developed
and functions well as an alternative learning media. The use of AR in chemistry learning
provides a more detailed and interactive learning experience, and is able to improve
students' understanding of the periodic table.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi penggunaan aplikasi
Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran interaktif dalam memperkenalkan
material dalam tabel periodik kepada siswa MAN 15 Jakarta Timur. Pesatnya
perkembangan teknologi informasi telah menghasilkan berbagai macam media
pembelajaran yang dapat membantu proses pendidikan. Namun, banyak siswa mengalami
kesulitan dalam memahami konsep-konsep kimia yang abstrak, terutama materi tabel
periodik. Metode penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle
(MDLC), yang terdiri dari enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan material,
penggabungan, percobaan, dan distribusi. Aplikasi AR yang dikembangkan, bernama
"ARchemy", menyajikan model 3D dan audio penjelasan untuk setiap elemen dalam tabel
periodik, dengan platform Android versi 8.0 (Oreo) atau lebih tinggi.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aplikasi ARchemy memperoleh nilai efektivitas sebesar 81.33%, yang
mengindikasikan aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Implementasi
AR dalam pengenalan material tabel periodik terbukti dapat membantu siswa memahami
unsur-unsur kimia dengan lebih baik dan lebih interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini
adalah aplikasi ARchemy berhasil dikembangkan dan berfungsi dengan baik sebagai media
pembelajaran alternatif. Penggunaan AR dalam pembelajaran kimia memberikan
pengalaman belajar yang lebih mendetail dan interaktif, serta mampu meningkatkan
pemahaman siswa mengenai tabel periodik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Deny Kuswoyo, S.Kom., M.Kom. ; 2. Prily Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Table Periodic, Chemistry, Sains, Augmented Reality, Tabel Periodik, Kimia, IPA |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas |
Divisions: | Jurusan Desain > Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Perpustakaan Polimedia |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 07:09 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 07:09 |
URI: | https://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/719 |